Kompas.com - 15/07/2014, 16:49 WIB
Tim nasional Jerman berfoto usai memenangi final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (13/7/2014) atau Senin dini hari WIB. AFP PHOTO / CHRISTOPHE SIMONTim nasional Jerman berfoto usai memenangi final Piala Dunia 2014 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (13/7/2014) atau Senin dini hari WIB.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Final Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil telah usai, yang menobatkan tim nasional Jerman sebagai juaranya. Keriuhan pertandingan final pesat sepakbola sejagat itu juga terjadi di Facebook dan Twitter.

Facebook sendiri mencatat pertandingan final Piala Dunia 2014 antara timnas Jerman melawan Argentina itu tercatat  dalam rekor sebagai ajang olahraga terbesar yang diperbincangkan di jejaring sosialnya.

Tak kurang dari 280 juta interaksi terjadi di halaman sosial media milik Mark Zuckerberg itu sepanjang pertandingan, termasuk postingan, komen, dan Likes. Interaksi tersebut berasal dari 88 juta pengguna Facebook di berbagai negara.

Secara keseluruhan, jumlah interaksi di Facebook sepanjang Piala Dunia 2014 mencapai 3 miliar, yang dilakukan oleh 350 juta orang di penjuru dunia.

Mayoritas pengguna Facebook yang memperbincangkan ajang Piala Dunia adalah mereka yang berumur 18 - 24 tahun. Sementara, tim nasional Argentina menjadi tim yang paling populer atau banyak disebut di Facebook.

Twitter

Jejaring sosial populer lainnya, Twitter juga mencatat hal yang fantastis terkait Piala Dunia 2014 kali ini. Menurut Twitter, seperti dikutip dari Cnet (14/7/2014), terdapat sekitar 32,1 juta kicauan yang dibuat sepanjang pertandingan final Piala Dunia 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertandingan itu menurut Twitter menjadi pertandingan yang tiap menitnya dikicaukan paling banyak. Tiap menitnya, terdapat sekitar 619.000 kicauan yang dikirim pengguna setelah tim nasional Jerman keluar sebagai juara.

Namun, walau pertandingan final itu mencatatkan rekor tertinggi dalam hal tweet per menit, sayangnya partai final Piala Dunia 2014 belum bisa menyaingi jumlah kicauan pertandingan Brasil melawan Jerman.

Pertandingan yang berakhir dengan skor 7-1 untuk kemenangan tim nasional Jerman itu menjadi pertandingan yang paling banyak diperbincangkan di twiiter, jumlahnya mencapai 35,6 juta kicauan.

Pertandingan itu sendiri menjadi pertandingan paling banyak diperbincangkan kedua di Facebook, setelah partai final Piala Dunia yang berlangsung Senin (14/7/2014) dini hari waktu Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.