Pasir Pantai Bikin Baterai Ponsel Lebih Hemat

Kompas.com - 17/07/2014, 08:05 WIB
Komponen baterai dan slot kartu SIM terlihat setelah panel belakang dibuka Oik Yusuf/Kompas.comKomponen baterai dan slot kartu SIM terlihat setelah panel belakang dibuka
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com -  Baterai smartphone menjadi perhatian penting saat ini oleh berbagai vendor. Fokus mereka adalah untuk membuat baterai yang lebih tahan lama, baik dengan rekayasa teknologi maupun dengan bantuan software.

Baru-baru ini, sekelompok peneliti mempublikasikan riset mereka yang menunjukkan bahwa pasir pantai bisa membuat umur baterai bertahan lebih lama.

Para peneliti yang berasal dari University of California and the Bourns College of Engineering itu menemukan bahwa dengan menggunakan pasir pantai sebagai anoda baterai smartphone, bisa meningkatkan efisiensi daya. Laporan hasil penelitian mereka itu bisa dilihat di situs Nature.com.

Anoda adalah komponen baterai yang berperan sebagai pengumpul kutub positif arus listrik yang mengalir ke dalam baterai dari sumber luar. Saat ini, kebanyakan baterai smartphone menggunakan bahan dari serbuk grafit.

Dengan memanfaatkan pasir pantai yang disuling dan dimurnikan, kemudian menambahkan garam dan magnesium ke dalam campurannya sembari dipanaskan, maka akan dihasilkan silikon murni yang bisa menjadi materi yang lebih baik untuk anoda.

Bahan silikon yang dihasilkan itu memiliki tekstur yang berpori, sehingga menurut para peneliti tersebut lebih efisien dalam menyimpan daya.

"Kami telah membuktikan bahwa kami bisa membuat silikon sintetis yang murah, ramah lingkungan, dengan kinerja elektrokimia baterai yang tahan hingga lebih dari 1.000 siklus," ujar mereka.

Dikutip dari BGR (14/7/2014), jika melihat betapa pentingnya daya baterai bagi kebanyakan produsen smartphone, maka temuan ini pasti akan ditindaklanjuti secara lebih serius oleh mereka.

Dari temuan tersebut, dikombinasikan dengan software optimasi daya baterai, diharapkan di masa mendatang akan dihasilkan baterai smartphone yang bisa bertahan lebih lama.



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X