Kompas.com - 17/07/2014, 11:47 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Layanan personal assistant berbasis suara nampaknya akan menjadi fitur wajib di perangkat smartphone masa mendatang. Setelah Apple dengan Siri, dan Windows Phone dengan Cortana, kini BlackBerry juga dikabarkan sedang menyiapkan fitur yang sama di perangkatnya.

BlackBerry Assistant, begitu cara BlackBerry menamakan asisten virtualnya, adalah fitur di smartphone-nya yang bisa merespon perintah suara. Namun bedanya, BlackBerry Assistant juga akan bisa merespon perintah tulis yang diketik penggunanya.

Fitur asisten virtual pertama dari BlackBerry ini rencananya akan diintegrasikan dalam smartphone terbarunya, BlackBerry Passport.

Menurut Donny Halliwell, Social Media Marketing BlackBerry, asisten virtual BlackBerry tersebut sangat canggih, bahkan bisa diperintah untuk membacakan pesan e-mail yang masuk.

Tak hanya sampai di situ saja, BlackBerry Assistant juga bisa diperintah untuk menandai e-mail yang telah dibaca tanpa pengguna harus masuk ke BlackBerry Hub, atau membuat jadwal janji temu.

Fitur-fitur dan kemampuan BlackBerry Assistant lainnya bisa dibaca di blog resmi BlackBerry yang ditulis oleh Halliwell sendiri.

Menurut Mashable (16/7/2014), BlackBerry Assistant nantinya juga bakal bisa digunakan untuk menjalankan dan mengontrol aplikasi, serta kompatibel dengan perangkat Bluetooth.

Dan layaknya Cortana, BlackBerry Assistant juga bisa mempelajari perilaku penggunanya. Semakin sering digunakan, maka akan semakin pintar fitur tersebut dalam mengenali penggunanya.

Asisten virtual menjadi langkah BlackBerry dalam menarik minat pengguna, setelah pangsa pasar smartphone-nya turun di bawah 1 persen sejak 2013 lalu. BlackBerry Assitant akan tersedia di smartphone BlackBerry Passport yang menjalankan sistem operasi BlackBerry 10.3.

Belum pasti apakah BlackBerry juga akan menyediakan asisten virtualnya ini di perangkat lain atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Mashable


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.