"Eye Scanner" Samsung Debut di Galaxy Note 4?

Kompas.com - 17/07/2014, 13:27 WIB
Fitur pemindai mata yang dibocorkan oleh akun Twitter Exynos, akankah dipakai di perangkat Samsung berikutnya? Samsung ExynosFitur pemindai mata yang dibocorkan oleh akun Twitter Exynos, akankah dipakai di perangkat Samsung berikutnya?
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Fitur biometrik kian banyak dipakai sebagai peranti keamanan dalam perangkat mobile. Setelah Apple dan Samsung menanamkan sensor sidik jari untuk iPhone 5s dan Galaxy S5, kini Samsung ingin selangkah lebih di depan lagi dengan menyiapkan pemindai retina mata.

Pemindai mata sendiri merupakan teknologi yang mengenali pola unik pada selaput pelangi yang mengelilingi pupil pada mata. Layaknya sidik jari, bentuk iris mata tiap orang berbeda-beda dan tak ada yang sama. Teknologi ini dikenal lebih aman ketimbang fingerprint scanner.

Fitur pemindai mata yang akan diintegrasikan ke dalam perangkat mobile Samsung tersebut pertama kali dibocorkan oleh akun Twitter Exynos, perusahaan produsen prosesor mobile milik Samsung.

Dalam kicauan Twitter yang tertanggal 12 Juli 2014 itu, Exynos mengatakan "Keamanan bisa ditingkatkan dengan fitur unik yang kita miliki. Itulah tujuan kami". Kicauan itu juga dilengkapi dengan gambar smartphone yang di layarnya menampilkan mata yang sedang dipindai.

Di sisi kanan gambar nampak seperti tagihan telepon, listrik, dan supermarket. Melalui gambar tersebut, seolah Samsung ingin menyampaikan bahwa fitur retina scan akan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran.

Namun menurut Digital Trends (13/7/2014), yang perlu diingat adalah, kicauan tersebut baru berasal dari akun Twitter Exynos, yang biasanya lebih ke arah teknis atau masih berupa teori, bukan dari akun resmi Samsung Mobile.

Galaxy S5 sendiri sebelumnya juga sempat dirumorkan akan dipasangi dengan pemindai retina, begitu juga dengan Galaxy F yang saat ini masih misterius.

Ada juga yang melaporkan bahwa fitur pemindai retina akan ditanamkan pada phablet Samsung Galaxy Note 4 yang akan dirilis pada akhir tahun ini.

Agar lebih jelas mengenai rumor pemindai retina ini, baiknya kita sama-sama menunggu pengumuman resmi dari Samsung.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X