Kompas.com - 18/07/2014, 10:58 WIB
Nokia X. Nokia X.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Smartphone Nokia berbasis Android, Nokia X, ternyata tak berumur panjang. Microsoft berencana menghentikan produksi dan penjualan ponsel pintar Android tersebut.

Kabar mengejutkan itu terungkap dari sebuah memo internal untuk karyawan Microsoft yang ditulis oleh CEO Microsoft, Satya Nadella.

Seperti dikutip dari Techcrunch, Jumat (18/7/2014), Nadella, dalam memo berisi 3.100 kata, menuliskan: "Kami berencana mengalihkan desain produk Nokia X menjadi Lumia yang menjalankan Windows."

Ke depannya, Nokia X akan menjadi bagian dari Lumia dengan harga ekonomis dan tak lagi menggunakan sistem operasi Android.

Sejauh ini, Microsoft baru menjual dua model Nokia Android, Nokia X dan XL. Untuk Nokia X2 baru dirilis beberapa waktu lalu namun belum mulai dipasarkan.

Nokia X pertama kali dirilis resmi pada Februari lalu dalam ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Nokia X mengusung sistem operasi Android, yang dibalut dengan tampilan mirip Windows Phone. Meski pakai Android, Nokia X ini tak dibekali dengan layanan-layanan ala Android dari Google, semisal Google Play Store. Sebagai gantinya, Nokia menyediakan Nokia App Store miliknya.

Baru berumur lima bulan, Android Nokia X sudah harus "masuk" museum. Bagi Anda yang ingin menyimpan Nokia X sebagai kenang-kenangan, Microsoft tetap menjual ponsel Android sampai stoknya habis dan menjamin layanan purna jualnya.

Selamat tinggal, Android Nokia X.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.