Terbang 33.000 Kaki, Malaysia Airlines MH17 Kok Terjangkau Rudal?

Kompas.com - 18/07/2014, 13:38 WIB
Jejak Penerbangan Malaysia Airlines MH17 pada 17 Juli 2014 di situs Flightradar24.com Flightradar24.comJejak Penerbangan Malaysia Airlines MH17 pada 17 Juli 2014 di situs Flightradar24.com
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH17 yang ditembak jatuh rudal di wilayah udara Ukraina diduga terbang di wilayah udara yang ditutup. Otoritas pengendali udara Pan Eropa, Eurocontrol, menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) tersebut sebelum penerbangan MH17.

Menurut Airliners.net, Eurocontrol telah menerbitkan NOTAM, semacam pemberitahuan yang diterbitkan oleh otoritas penerbangan kepada pilot tentang potensi bahaya suatu penerbangan yang akan dilaluinya, bisa cuaca, abu vulkanik, atau termasuk zona larangan terbang.

Dalam NOTAM yang dirilis pada 17 Juli 2014 pukul 00.00 GMT, Eurocontrol menyatakan bahwa terjadi aksi peperangan wilayah udara perbatasan Ukraina dan Federasi Rusia. Sementara itu, penerbangan MH17 berangkat sekitar pukul 10.00 GMT dari Bandara Schiphol, Amsterdam.

Di wilayah udara tersebut terjadi aksi penembakan dari wilayah Ukraina ke wilayah Rusia. Untuk memastikan keselamatan penerbangan, wilayah udara tersebut ditutup hingga ketinggian 32.000 kaki.

Namun dikutip dari Flightglobal, otoritas Eurocontrol mengatakan bahwa MH17 terbang di wilayah yang terlarang namun di atas ketinggian yang ditetapkan.

"Rute ketinggian yang dilewati MH17 memang boleh dilewati," terang Eurocontrol.

Dalam NOTAM-nya, Eurocontrol memang menetapkan wilayah udara Ukraina tersebut tertutup hingga ketinggian 32.000 kaki saja, sementara MH17 terbang di ketinggian 33.000 kaki (lebih tinggi 1.000 kaki).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, dikutip dari Dailymail, sistem misil BUK yang diduga menghancurkan MH17 ternyata memiliki jangkauan tembak hingga ketinggian 75.000 kaki.

Atas dasar inilah, Eurocontrol kemudian memutuskan untuk benar-benar menutup wilayah udara Ukraina. "Semua flight plan yang diisi menggunakan rute tersebut saat ini kami tolak," demikian pernyataan Eurocontrol. "Rute tersebut akan ditutup hingga peberitahuan lebih lanjut," imbuh mereka.

Eurocontrol juga menyertakan daftar airways dan waypoint yang tidak boleh dilintasi dalam NOTAM tersebut. Seperti airways L980 dan A87, jalur udara yang diyakini dilewati oleh MH17 sesaat sebelum hilang kontak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.