Kompas.com - 18/07/2014, 21:10 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi.

KOMPAS.com - Dinas intelejen AS National Security Agency (NSA) tak hanya gemar menyadap informasi rahasia dari berbagai pihak, melainkan juga mengintip materi-materi berbau pornografi.

Hal tersebut diungkapkan oleh pembocor Edward Snowden dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh Ars Technica.

Tuduhan Snowden ini sesuai dengan laporan yang telah dikeluarkan oleh NSA sendiri pada September tahun lalu, bahwa telah ditemukan sejumlah kasus di mana pegawai agensi tersebut memata-matai mantan pacarnya.

“Sebagian pegawai adalah orang-orang usia 18-22 tahun. Tiba-tiba mereka memperoleh posisi dengan tanggung jawab luar biasa besar yang bisa mengakses semua informasi pribadi Anda,” kata Snowden.

“Selagi bekerja mereka menemukan sesuatu yang sama sekali tidak terkait pekerjaan, misalnya gambar seseorang dalam keadaan tanpa busana,” lanjutnya lagi.

Materi-materi semacam itu, yang diperoleh dari menyadap jalur komunikasi dan internet publik, kemudian bisa menyebar luas di kalangan pegawai NSA.

Tentu, semuanya dilakukan tanpa sepengetahuan, apalagi seizin orang yang menjadi subyek dari foto bugil hasil sadapan. “Tak ada yang melapor, tak ada yang tahu karena audit sistem ini sangat lemah,” ujar Snowden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegemaran memata-matai dengan motivasi yang tidak baik ini bahkan telah meperoleh julukannya sendiri di kalangan pegawai NSA, yaitu LOVEINT, plesetan dari istilah HUMINT (Human Intelligence) atau SIGINT (Signal Intelligence).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.