Menjajal Jam Tangan Android Wear di Jakarta

Kompas.com - 21/07/2014, 11:40 WIB
Jam tangan pintar berbasis Android Wear Oik Yusuf/Kompas.comJam tangan pintar berbasis Android Wear
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda adalah seorang yang setia menggunakan layanan Google Now, mungkin Anda akan menyukai sistem operasi Android Wear pada jam tangan pintar. Bayangkan fitur-fitur Google Now itu kini berada di pergelangan tangan Anda.

Sistem operasi ini khusus dirancang untuk perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable device). Ia diperkenalkan dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 yang digelar di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada akhir Juni 2014.

Saat ini sudah ada dua jam tangan pintar yang memakai Android Wear, yaitu Samsung Gear Live dan LG G Watch. KompasTekno berkesempatan menjajal kedua perangkat itu dari rekan-rekan di Kibar, yaitu Yansen Kamto, Putri Izzati, dan Benny Fajarai dari Kreavi.com, yang awal Juli lalu kembali ke Indonesia setelah menghadiri konferensi Google I/O 2014. (Terima kasih untuk rekan-rekan Kibar dan Kreavi.com).

Oik Yusuf/Kompas.com
LG G watch dan Samsung Gear Live
Jam tangan Android Wear bukan lah perangkat mandiri. Fungsi-fungsi canggihnya baru berjalan setelah dihubungkan dengan ponsel pintar yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.3 ke atas melalui koneksi Bluetooth. Pada kesempatan ini, KompasTekno menghubungkan Android Wear dengan ponsel LG Nexus 5 dan Motorola Moto G.

Langkah pertama, unduh aplikasi Android Wear di ponsel

Anda terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Android Wear untuk ponsel pintar di toko Google Play Store. Aplikasi inilah yang akan menjadi pusat pengaturan dan sinkronisasi antara jam tangan pintar dengan ponsel pintar.

Jika sudah terkoneksi dengan ponsel pintar, maka jam tangan Android Wear dapat melakukan tugas-tugasnya. Perlu diketahui, jika Anda melakukan pencarian informasi di internet dengan perintah suara di Android Wear, koneksi internet tersebut ditarik dari ponsel pintar.

Oik Yusuf/Kompas.com
Motorola Moto G terkoneksi dengan jam tangan pintar bebasis Android Wear
Oik Yusuf/Kompas.com
Aplikasi Android Wear untuk ponsel Android
Google telah merayu sejumlah pengembang untuk membuat aplikasi yang kompatibel dengan Android Wear. Bagaimana cara mengetahui aplikasi yang kompatibel dengan Android Wear? Sangat mudah, Anda tinggal mengklik menu "Browse compatible apps" di aplikasi Android Wear pada ponsel pintar.

Dari pantauan KompasTekno, saat ini memang belum banyak aplikasi dengan Android Wear. Namun, Google telah menyediakan layanan peta digital Google Maps dan layanan pesan Google Hangouts untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Informasi waktu dan cuaca

Fungsi utama dari Android Wear, tentu saja memberikan informasi waktu dan cuaca. Perkiraan cuaca pada Android Wear mengacu pada sistem perkiraan cuaca Google Now.

Ada banyak pilihan tampilan waktu di sini. Cukup dengan menahan jari di layar utama, maka Anda dapat mengganti tampilan waktu mulai dari gaya analog, digital, hingga pop culture.

Oik Yusuf/Kompas.com
Tampilan informasi waktu di Android Wear
Saat ini, Google sengaja membuat tampilan antarmuka Android Wear yang seragam, mulai dari tampilan utama hingga tampilan menunya di semua perangkat. Artinya, tidak ada custom skin di Android Wear, baik yang dibuat oleh produsen maupun pengembang pihak ketiga.

Google tentu belajar banyak dari keberadaan custom skin di Android yang mengakibatkan tampilan antarmuka pada perangkat Android berbeda-beda antar produsen sehingga berpotensi membingungkan pengguna yang berpindah produk dan tidak memberi pengalaman sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X