Kompas.com - 21/07/2014, 16:16 WIB
Foto pesawat Malaysia Airlines MH17 yang diunggah seorang turis Belanda di akun Facebook-nya beberapa saat sebelum ia naik ke pesawat yang nahas itu Daily MailFoto pesawat Malaysia Airlines MH17 yang diunggah seorang turis Belanda di akun Facebook-nya beberapa saat sebelum ia naik ke pesawat yang nahas itu
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Foto pesawat Malaysia Airlines MH17 yang diunggah seorang turis Belanda di akun Facebook-nya beberapa saat sebelum ia naik ke pesawat yang nahas itu

KOMPAS.com — Dunia masih berduka dengan tewasnya 298 orang dalam penerbangan Malaysia Airlines MH17. Namun, "perang" untuk menimpakan kesalahan atas pesawat naas itu agaknya sudah dimulai di internet.

Sebuah laman Wikipedia yang memuat informasi tentang MH17 dilaporkan mengalami penyuntingan oleh seseorang yang memiliki alamat IP dari pihak Pemerintah Rusia. Orang tersebut adalah pegawai perusahaan milik negara Rusia yang bertanggung jawab soal siaran TV dan radio (VGTRK).

Di dalam laman Wikipedia yang bersangkutan, terdapat keterangan bahwa MH17 ditembak jatuh oleh "teroris dari Republik Rakyat Donetsk menggunakan rudal yang diperoleh dari Federasi Rusia".

Keterangan tersebut diubah oleh si penyunting untuk menghilangkan nama "Federasi Rusia". Pesawat pun disebut ditembak jatuh oleh "tentara Ukraina" untuk menyalahkan negara itu atas kemalangan MH17.

Adanya penyuntingan ini diungkapkan oleh bot Twitter @RuGovEdits yang melakukan tweet secara otomatis setiap kali menemukan perubahan terhadap Wikipedia yang dilakukan oleh alamat IP dari Rusia.

"Artikel Wikipedia tentang daftar kecelakaan pesawat terbang sipil telah diedit oleh RTR (nama lain VGTRK)," kicau @RuGovEdits pada minggu lalu sebagaimana dikutip oleh ArsTechnica, memberitahukan soal perubahan terkait.

Setiap penyuntingan terhadap Wikipedia memang dicatat, berikut dengan alamat IP dan user name editor yang bersangkutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga kini, masih belum jelas siapa yang menembak jatuh MH17 dengan rudal. Pihak Rusia dan Ukraina saling tuding mengenai siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.