Kompas.com - 22/07/2014, 09:05 WIB
Samsung Galaxy S5. Samsung Galaxy S5.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Samsung Galaxy S5.

KOMPAS.com - Awal bulan ini Samsung mengeluarkan prediksi suram mengenai penurunan profit akibat melambatnya penjualan smartphone dan kompetisi yang makin ketat di sejumlah wilayah pasar.

Samsung pun bersiap melaporkan profit per kuartal terendah dalam dua tahun terakhir.

Menanggapi hal tersebut, hampir 200 orang manajer di divisi smartphone Samsung Electronics dikabarkan mengembalikan seperempat bonus tengah tahun mereka. Informasi ini datang dari seorang sumber yang dikutip oleh Reuters.

Menurut sumber yang bersangkutan, pengembalian bonus itu dilakukan sebagai ungkapan rasa tanggung jawab para manajer atas turunnya pendapatan dan untuk menunjukkan bahwa mereka akan bekerja lebih keras.

Tindakan semacam ini sebenarnya umum ditemui di lingkup korporasi di Korea Selatan. Para eksekutif puncak  biasa melakukan hal serupa apabila terdapat penurunan kinerja perusahaan.

Besarnya bonus yang dikembalikan tidak dirinci, namun sebuah media lokal Korea memperkirakan angka totalnya mencapai 3 miliar won atau sekitar Rp 33,8 miliar.

Samsung kehilangan pangsa pasar smartphone karena tergerus pesaing dari Tiongkok macam Xiaomi dan Lenovo yang menawarkan produk-produk kaya fitur dengan harga lebih murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, sebuah riset pasar yang dilakukan Counterpoint menunjukkan bahwa penjualan Galaxy S5 tak sebagus yang diharapkan. Smartphone andalan Samsung tersebut masih lebih sedikit terjual dibandingkan iPhone 5 pada bulan Mei lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.