Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pajang Congklak di Hari Anak Nasional

Kompas.com - 23/07/2014, 11:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (23/7/2014), di Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Google Indonesia pun turut merayakannya dengan menampilkan doodle berupa alat permainan tradisional, congklak.

Congklak di Indonesia dikenal sebagai permainan tradisional populer. Permainan ini memiliki beragam nama di seluruh Indonesia, seperti Dakon di Jawa, Makaotan di Sulawesi, atau Dentuman Lamban di Lampung.

Di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Singapura, congklak dikenal dengan nama chongkak. Sementara di wilayah Asia Tenggara lainnya permainan serupa juga dikenal dengan nama sungka.

Walau memiliki sebutan yang berbeda-beda, namun esensi permainannya sama, yaitu dua orang yang berlomba mendapatkan biji congklak terbanyak.

Biji congklak bisa terbuat dari biji-bijian, batu, kelereng, atau plastik. Sementara papan congklak bisa terbuat dari kayu atau plastik.

Seiring kemajuan jaman, kini permainan congklak sudah jarang dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Permainan di smartphone, tablet, atau konsol lebih sering diakrabi.

Bisa jadi, Doodle Google yang menampilkan congklak di Hari Anak Nasional 2014 kali ini mengajak kita untuk melestarikan warisan berbagai permainan tradisional yang dimiliki Indonesia.

Di Hari Anak Nasional tahun 2014 kali ini, tema yang diusung adalah "Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan Terhadap Anak."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com