Google Pajang Congklak di Hari Anak Nasional

Kompas.com - 23/07/2014, 11:15 WIB
Doodle Google di Hari Anak Nasional 2014 menampilkan permainan Congklak. GoogleDoodle Google di Hari Anak Nasional 2014 menampilkan permainan Congklak.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (23/7/2014), di Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Google Indonesia pun turut merayakannya dengan menampilkan doodle berupa alat permainan tradisional, congklak.

Congklak di Indonesia dikenal sebagai permainan tradisional populer. Permainan ini memiliki beragam nama di seluruh Indonesia, seperti Dakon di Jawa, Makaotan di Sulawesi, atau Dentuman Lamban di Lampung.

Di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Singapura, congklak dikenal dengan nama chongkak. Sementara di wilayah Asia Tenggara lainnya permainan serupa juga dikenal dengan nama sungka.

Walau memiliki sebutan yang berbeda-beda, namun esensi permainannya sama, yaitu dua orang yang berlomba mendapatkan biji congklak terbanyak.

Biji congklak bisa terbuat dari biji-bijian, batu, kelereng, atau plastik. Sementara papan congklak bisa terbuat dari kayu atau plastik.

Seiring kemajuan jaman, kini permainan congklak sudah jarang dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Permainan di smartphone, tablet, atau konsol lebih sering diakrabi.

Bisa jadi, Doodle Google yang menampilkan congklak di Hari Anak Nasional 2014 kali ini mengajak kita untuk melestarikan warisan berbagai permainan tradisional yang dimiliki Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Hari Anak Nasional tahun 2014 kali ini, tema yang diusung adalah "Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan Terhadap Anak."



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.