Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC, Tablet, dan Smartphone Pakai Windows yang Sama

Kompas.com - 25/07/2014, 09:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Situs panduan Windows Phone yang dibuat oleh Microsoft

KOMPAS.com - Di masa mendatang, aplikasi Windows untuk PC desktop bakal bisa berjalan di tablet atau smartphone, demikian pula sebaliknya.

Ini karena Microsoft berencana menyatukan semua versi Windows di perangkat-perangkat tersebut menjadi sistem operasi tunggal.

“Dulu kami punya banyak tim yang mengerjakan versi Windows berbeda. Kini kami punya satu tim yang memiliki arsitektur bersama,” kata CEO Microsoft Satya Nadella yang dikutip oleh The Inquirer.

Versi-versi Windows yang berbeda untuk desktop dan mobile akan tetap dipertahankan, namun perangkat-perangkat itu akan bisa menjalankan aplikasi yang sama melalui platform Universal Windows Apps dari Microsoft.

Nantinya aplikasi-aplikasi akan saling kompatibel dengan semua Versi Windows, Windows Phone, dan Xbox. Pendekatan ini berbeda dengan, misalnya, Apple yang cenderung memisahkan aplikasi ke dalam dua ekosistem, yakni mobile (iOS) dan desktop (Mac OS).

Infrastruktur baru yang menggabungkan semua jenis Windows itu akan meluncur perdana bersama dengan Windows 9 tahun depan.

“Kelebihan Universal Windows Apps ini adalah bahwa ia untuk pertama kalinya menggabungkan seluruh volume Windows,” tambah Nadella. “Ini berarti seluruh ukuran layar akan tercakup oleh satu sistem operasi.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.