Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Indosat Siapkan "Bandwidth" 335 TB per Hari

Kompas.com - 25/07/2014, 11:15 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jaringan telekomunikasi Indosat siap melayani 59,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia selama musim mudik Lebaran 2014, terutama di berbagai jalur dan kantong pemudik di berbagai wilayah di Indonesia.

Berbagai persiapan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan telah dilakukan, termasuk dengan diimplementasikannya program Modernisasi Jaringan secara nasional.

“Kesiapan jaringan menghadapi musim mudik Lebaran ini merupakan bagian dari konsistensi dan komitmen kami memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat dengan baik dan lancar di segala situasi,” kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.
 
Peningkatan kapasitas jaringan

Indosat telah menyiapkan kapasitas jaringan untuk semua jenis layanannya khusus mengantisipasi potensi kenaikan trafik telekomunikasi selama musim Lebaran 2014.

Untuk layanan voice/suara disiapkan kapasitas sebesar 1,08 miliar menit percakapan/hari atau 18 juta Erlang/hari. Untuk kapasitas layanan SMS disiapkan 1,45 miliar SMS/hari dan untuk kapasitas layanan data disiapkan 335 TeraByte/hari.

“Kami memperkirakan bahwa trafik telekomunikasi untuk ketiga layanan yaitu voice, SMS dan data akan naik seiring dengan puncak masa mudik Lebaran, dimana kenaikan trafik tertinggi kami perkirakan ada di layanan data, seiring dengan semakin meningkatnya tren penggunaan digital atau sosial media di kalangan masyarakat,” ujar Adrian Prasanto.

Monitoring kondisi jaringan

Menjaga performansi jaringan telekomunikasi selama terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi, Indosat mengoperasikan 2 sistem monitoring jaringan yaitu SNOC atau Single Network Operation Center dan Lebaran Command Center.

Berlokasi di Serpong Tangerang dan telah beroperasi sejak 2004, SNOC berfungsi untuk pemantauan stabilitas dan kualitas seluruh jaringan Indosat secara terintegrasi, secara nasional memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.

Sementara itu, Command Center merupakan pusat pemantauan performansi jaringan yang dibuat khusus dalam rangka musim mudik Lebaran, beroperasi dari H-3 s/d H+2 Lebaran.

Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi  jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.