Kompas.com - 01/08/2014, 15:15 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi sistem operasi BlackBerry 10

KOMPAS.com - Laporan firma riset pasar Strategy Analytics untuk kuartal kedua 2014 mengungkapkan bahwa platform BlackBerry mengalami penurunan pangsa pasar global hingga menjadi kurang dari 1 persen.

Platform milik pabrikan ponsel asal Kanada tersebut kini hanya menguasai market share sebesar 0,6 persen di seluruh dunia, turun dari angka 2,4 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.

"Pangsa pasar BlackBerry turun dari (dua) persen ke (satu) persen selama satu tahun terakhir karena lini perangkat BlackBerry 10 kurang diminati," ujar Direktur Strategy Analytics Woody Oh yang dikutip oleh The Inquirer.

Strategy Analytics mencatat bahwa angka pengapalan smartphone global mengalami pertumbuhan sebesar 27 persen, yakni dari 233 juta unit pada kuartal kedua 2013 menjadi 295,2 juta unit pada kuartal kedua 2014.

Namun, agaknya tak banyak pembeli yang memilih ponsel buatan BlackBerry. Pengapalan smartphone perusahaan  itu pada kuartal kedua 2013 tercatat sebesar 5,7 juta unit, namun angka itu menciut menjadi hanya 1,9 juta unit pada kuartal kedua 2014.

Selain BlackBerry, perangkat iOS juga mengalami penurunan pangsa pasar dari 13,4 persen menjadi 11,9 persen dalam kurun waktu yang sama.

Sementara itu, platform Android menjadi semakin dominan dengan kenaikan pangsa pasar dari 80,2 persen pada kuartal kedua 2013 menjadi hampir 85 persen pada kuartal kedua 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.