Kompas.com - 01/08/2014, 17:10 WIB
Samsung ReutersSamsung
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Samsung mengalami kelesuan dalam penjualan ponsel pintar yang selama ini memberi kontribusi besar dalam bisnis mereka. Hal ini menyebabkan laba bersih Samsung pada kuartal kedua 2014 menurun.

Dalam laporan keuangan periode April sampai Juni 2014, Samsung membukukan pendapatan 28,45 triliun won Korea Selatan (sekitar 27,5 miliar dollar AS).

Dari jumlah itu, perusahaan meraih laba bersih 6,25 triliun won Korea Selatan (sekitar 6,1 miliar dollar AS) atau turun sekitar 20 persen dari 7,7 triliun won Korea Selatan (sekitar 7,58 miliar dollar AS).

Penurunan laba bersih ini merupakan yang pertama dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Bisnis perangkat mobile Samsung, termasuk ponsel pintar, memberi kontribusi laba 4,42 triliun won Korea Selatan (sekitar 4,31 miliar dollar AS) atau turun dari 6,28 won Korea Selatan dibandingkan kuartal yang sama 2013.

Samsung mengatakan permintaan ponsel pintar tetap sama seperti kuartal sebelumnya, namun penjualan ponsel pintar dan tablet cenderung menurun. Samsung mengklaim turunnya penjualan itu biasa terjadi pada kuartal kedua lantaran permintaan pasar rendah.

Selain itu, Samsung juga mengatakan mata uang won yang melemah turut berdampak pada laba operasional perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Persaingan dalam bisnis ponsel pintar memang semakin ketat, terlebih kedatangan para pemain asal Tiongkok macam Huawei, ZTE, dan Xiaomi, yang gencar menghadirkan ponsel berbasis Android harga terjangkau dan menggerus pangsa pasar Samsung.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.