Kompas.com - 02/08/2014, 12:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Varian PlayStation 4 berwarna putih

KOMPAS.com - PlayStation 4 (PS4) dari Sony menjadi konsol game “next-gen” paling laku saat ini, mengalahkan pesaing seperti Microsoft Xbox One dan Nintendo Wii U.

Tingginya penjualan PS4 tak urung mendorong pembuatnya meraih laba besar pada kuartal pertama tahun ini.

Sony melaporkan perolehan laba bersih sebesar 26,8 miliar yen Jepang (sekitar 261 juta dollar AS) untuk periode tiga bulan yang berakhir pada 30 Juni 2014. Angka itu meningkat pesat dari laba bersih 3,1 miliar yen Jepang (sekitar 30,2 juta dollar AS) pada periode yang sama tahun 2013.

Laporan yang dikutip oleh BBC tersebut juga menyatakan bahwa penjualan divisi konsol game Sony mengalami kenaikan sebesar 96 persen dalam periode waktu tersebut.

“Peningkatan ini terutama berasal dari kontribusi PS4 yang diluncurkan pada November 2013, berikut peningkatan pendapatan dari layanan yang mendampingi peluncuran PS4,” tulis Sony dalam laporannya.

Sony menjual sebanyak 18,7 juta sistem game pada tahun finansial lalu, yang berakhir pada Maret 2014. Angka tersebut termasuk penjualan PS3 dan PlayStation Vita.

Profit Sony juga turut didongkrak oleh pendapatan dari divisi motion picture yang mencakup film-film seperti The Amazing Spiderman 2 dan 22 Jump Street.

Meski demikian, CEO Sony Kazuo Hirai masih memperkirakan pihaknya bakal kembali mengalami kerugian tahun ini karena angka permintaan yang menurun terhadap produk televisi dan kamera saku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.