Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beats Resmi Jadi Keluarga Apple

Kompas.com - 03/08/2014, 08:04 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com - Produsen produk audio Beats Electronics resmi jadi bagian dari keluarga Apple. Kedua perusahaan melaporkan bahwa akuisisi Apple atas Beats telah selesai, Jumat (1/8/2014).
 
CEO Apple Tim Cook mengucapkan selamat atas bergabungnya para pendiri dan karyawan Beats melalui media sosial Twitter. "Selamat bergabung dengan keluarga kami --Jimmy, Dre, Luke, Ian, dan seluruh tim."
 
Dalam situs web Beats, perusahaan itu memuji warisan produk Apple yang telah mengubah industri musik, komputer, dan perangkat mobile.
 
"Produk yang kami bangun bersama-sama akan memungkinkan kami untuk menata kembali teknologi audio dan melanjutkan tradisi besar ini untuk imajinasi kehidupan," tulis pihak Beats.
 
Nilai pembelian Beats merupakan yang terbesar sepanjang sejarah akuisisi Apple, yaitu 3 miliar dollar AS, dengan rincian 2,6 miliar berbentuk tunai dan 400 juta dollar AS dalam bentuk saham.
 
Belakangan beredar kabar bahwa Apple akan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 200 karyawan Beats dari divisi sumber manusia, keuangan, dan lainnya, yang struktur organisasinya dinilai tumpang tindih.
 
Beats didirikan pada 2008 silam oleh penyanyi sekaligus produser musik rap Dr. Dre dan eksekutif perusahaan rekaman Jimmy Iovine. Beats kini berbasis di Santa Monica, California, Amerika Serikat.
 
Produk andalan mereka adalah headphone dan speaker dengan merek dagang Beats, yang identik dengan pilihan warna beragam serta logo huruf "b" kecil yang dinamis. Headphone Beats terkenal dengan karakter bass yang kuat.
 
Beats kemudian melebarkan bisnisnya ke jalur musik streaming berlangganan. Mereka mengakuisisi MOG pada 2012, lalu meluncurkan layanan Beats Music pada 2014.
 
Nantinya, produk headphone atau speaker buatan Beats serta layanan musik streaming Beats Music akan ditawarkan dan dijual terpisah dengan produk Apple sehingga tidak punya pengaruh besar ke pelanggan. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com