Kompas.com - 04/08/2014, 17:25 WIB
Contoh halaman Google Now Contoh halaman Google Now
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google kini membuat launcher aplikasi Google Now tersendiri untuk pengguna Android. Sebelumnya, launcher ini hanya tersedia dalam perangkat buatan Google, Nexus 5 dan perangkat Play Edition.

Launcher Google Now bisa diunduh di Google Play, namun hanya bisa dipasang dalam smartphone Android dengan versi 4.1 (Jelly Bean) ke atas.

Akun Twitter resmi Android mengumumkan update tersebut pada 2 Agustus 2014. "Upgrade your home screen with the #GoogleNowLauncher - launching today for all #Android 4.1+ devices," demikian tulis akun resmi Android.

Menurut Engadget (1/8/2014), dengan memasang launcher ini, maka pengguna bisa mengakses antarmuka Google Now berbasis kartu dengan hanya menggeser home screen ke kanan atau kiri.

Selain itu, Google Now juga bisa diakses dengan perintah suara. Pengguna cukup mengatakan "OK Google" di Home Screen perangkat Android-nya untuk mengakses antarmuka utama Google Now.

Namun, launcher Google Now ini tidak bisa dipasang di perangkat yang tidak mendapatkan sertifikasi OS dari Google.

Sebelumnya, Google Now baru bisa diakses pengguna Android melalui fitur Google Search. Jika Anda mencoba untuk memasang launcher Google Now, namun masih menggunakan versi Google Search yang lama, maka Anda akan diminta untuk melakukan update terlebih dahulu.

Launcher Google Now juga bisa dijadikan untuk mengganti antarmuka Android yang dibuat oleh pabrikan, seperti Samsung dan Oppo.

Dengan memasang launcher Google Now, perangkat tersebut akan memiliki home screen layaknya "stok" Android Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.