Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin Launcher Khusus untuk Now

Kompas.com - 04/08/2014, 17:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google kini membuat launcher aplikasi Google Now tersendiri untuk pengguna Android. Sebelumnya, launcher ini hanya tersedia dalam perangkat buatan Google, Nexus 5 dan perangkat Play Edition.

Launcher Google Now bisa diunduh di Google Play, namun hanya bisa dipasang dalam smartphone Android dengan versi 4.1 (Jelly Bean) ke atas.

Akun Twitter resmi Android mengumumkan update tersebut pada 2 Agustus 2014. "Upgrade your home screen with the #GoogleNowLauncher - launching today for all #Android 4.1+ devices," demikian tulis akun resmi Android.

Menurut Engadget (1/8/2014), dengan memasang launcher ini, maka pengguna bisa mengakses antarmuka Google Now berbasis kartu dengan hanya menggeser home screen ke kanan atau kiri.

Selain itu, Google Now juga bisa diakses dengan perintah suara. Pengguna cukup mengatakan "OK Google" di Home Screen perangkat Android-nya untuk mengakses antarmuka utama Google Now.

Namun, launcher Google Now ini tidak bisa dipasang di perangkat yang tidak mendapatkan sertifikasi OS dari Google.

Sebelumnya, Google Now baru bisa diakses pengguna Android melalui fitur Google Search. Jika Anda mencoba untuk memasang launcher Google Now, namun masih menggunakan versi Google Search yang lama, maka Anda akan diminta untuk melakukan update terlebih dahulu.

Launcher Google Now juga bisa dijadikan untuk mengganti antarmuka Android yang dibuat oleh pabrikan, seperti Samsung dan Oppo.

Dengan memasang launcher Google Now, perangkat tersebut akan memiliki home screen layaknya "stok" Android Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com