Pemerintah Jerman Borong Ribuan BlackBerry, Untuk Apa?

Kompas.com - 05/08/2014, 11:46 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel menunjukkan ponsel BlackBerry miliknya yang dilengkapi teknologi anti-sadap Julian Stratenschulte/ AP PhotoKanselir Jerman Angela Merkel menunjukkan ponsel BlackBerry miliknya yang dilengkapi teknologi anti-sadap
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Kanselir Jerman Angela Merkel menunjukkan ponsel BlackBerry miliknya yang dilengkapi teknologi anti-sadap

KOMPAS.com — Kanselir Jerman Angela Merkel adalah salah satu tokoh penting yang ponselnya disadap oleh dinas intelijen AS National Security Agency (NSA) selama bertahun-tahun.

Pada Juli 2013, Merkel beralih menggunakan ponsel BlackBerry Z10 yang dilengkapi teknologi anti-sadap dari Secusmart, sebuah perusahaan Jerman.

Kini, Kementerian Dalam Negeri Jerman berencana memperluas pemakaian ponsel anti-sadap di kalangan pemerintahan dengan membeli 20.000 unit smartphone BlackBerry yang dibekali teknologi keamanan Secusmart.

"Kami punya otoritas federal yang menangani keamanan informasi dan telah memeriksa sejumlah smartphone. Satu-satunya merek yang mendapat persetujuan mereka adalah BlackBerry," ujar juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Herman Tobias Plate, yang dikutip oleh Financial Post, Selasa (5/8/2014).

Pihak Kementerian Dalam Negeri Jerman sebelumnya sudah menggunakan 3.000 ponsel BlackBerry.

Secusmart mengamankan ponsel lewat enkripsi data dan suara. Perusahaan ini turut menyediakan micro-SD khusus yang dilengkapi enkripsi AES 128-bit sehingga sangat sulit untuk ditembus hacker. Harganya mencapai 2.000 euro untuk model berkapasitas 4 GB.

Secusmart sendiri diketahui bakal diakuisisi oleh BlackBerry melalui pengumuman yang disampaikan CEO BlackBerry John Chen minggu lalu.

Pemerintah Jerman menyatakan akan mengkaji rencana pembelian tersebut untuk mengetahui dampak yang mungkin ditimbulkan terhadap teknologi enkripsi pada ponsel yang dipakai oleh kalangan pemerintahan negeri itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X