Xiaomi Kini Produsen Smartphone Nomor 5 Dunia

Kompas.com - 05/08/2014, 14:44 WIB
Xiaomi MI4 XiaomiXiaomi MI4
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Strategy Analytics melaporkan pengiriman ponsel pintar pada kuartal kedua 2014 mencapai 295 juta unit atau tumbuh 27 persen dari tahun ke tahun.

Produsen gadget Android Xiaomi asal Tiongkok, terlihat begitu bersinar karena menjadi produsen ponsel pintar terbesar kelima terbesar untuk pertama kalinya.

Menurut Strategy Analytics, Xiaomi mengirimkan 15,1 juta unit ponsel pintarnya pada kuartal kedua 2014 yang begitu laris di pasar Tiongkok. Angka tersebut meningkat pesat dibandingkan kuartal kedua 2013, di mana Xiaomi hanya mengirim 4,1 juta unit ponsel pintar.

Direktur Strategy Analytics, Woody Oh mengatakan, Xiaomi menjadi "pemain bintang" pada kuartal ini. Perusahaan ini juga sukses menyalip LG yang kini bercokol di posisi enam.

LG mengirimkan 14,5 juta unit ponsel pintar pada kuartal ini dibandingkan 12,1 juta unit pada periode yang sama tahun lalu. Penjualan LG cukup baik di pasar Amerika Serikat dan Eropa, namun tertinggal di pasar berpotensi besar seperti Tiongkok dan India.

Masih menurut data Strategy Analytics, produsen ponsel pintar terbesar pertama masih ditempati oleh Samsung, yang sukses mengirimkan 74,5 juta unit. Samsung merupakan satu-satunya produsen yang mengalami penurunan pengiriman karena sebelumnya perusahaan itu mengirimkan 76 juta unit ponsel pintar pada kuartal kedua 2013.

Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawston mengatakan, Samsung kini menguasai 25 persen pangsa pasar ponsel pintar, dari 33 persen di periode yang sama tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Posisi kedua sampai empat diduduki oleh Apple yang mengirimkan 35,2 juta unit, Huawei 20,1 juta unit, dan Lenovo 15,8 juta unit.

Strategy Analytics secara umum mencatat, permintaan ponsel pintar di pasar Asia dan Afrika cukup sehat, namun permintaan di Amerika Utara dan Eropa cenderung melambat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X