Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang Jumlah, Android Kalah Eksis Ketimbang iOS

Kompas.com - 06/08/2014, 12:48 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Pengguna gadget dengan sistem operasi Android memang lebih banyak dibanding gadget iOS besutan Apple. Namun dalam hal aktivitas di dunia maya, pengguna iOS ternyata lebih "ramai" atau aktif dibanding pengguna Android.

Hal itu terbukti dari riset yang baru-baru ini dilakukan oleh NetApplications. Firma analitik tersebut telah memantau lalu-lintas data di lebih dari 40.000 situs web di seluruh dunia, dan mencari tahu platform apa yang digunakan untuk online.

Dari pantauan mereka, pengguna platform Android yang menjelajah dunia maya memiliki porsi 44,62 persen, sementara pengguna yang berasal dari platform iOS sebanyak 44,19 persen.

Jika melihat persentase pangsa pasar Android berbanding dengan iOS saat ini, dimana platform robot hijau memiliki pangsa pasar 85 persen, sementara iOS hanya 11,9 persen, maka bisa disimpulkan bahwa pengguna iOS ternyata tujuh kali lebih aktif dibanding Android.

Menurut NetApplications, rendahnya pengguna Android yang menggunakan smartphone-nya untuk kegiatan online karena banyaknya perangkat Android yang dijual murah.

Banyak pengguna yang memanfaatkan smartphone Android-nya hanya untuk melakukan panggilan telepon saja, seperti dilakukan pengguna di negara-negara berkembang.

Fakta inilah yang menurut NetApplications juga menyebabkan para pengembang lebih suka membuat aplikasi untuk platform iOS ketimbang Android.

Selain itu, riset dari NetApplications tersebut juga mengungkap bahwa jumlah pengguna Android untuk pertama kalinya telah mengungguli iPhone (jika diukur berdasar jaringan pengguna layanan NetAppliations).

Menurut Forbes, setiap survei yang dilakukan tentunya memiliki margin of error. Namun jika melihat tren selama ini, pengguna iOS memang secara konsisten lebih aktif secara online dibanding Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com