Dell Buat Teknologi Pembaca Suasana Hati

Kompas.com - 06/08/2014, 13:23 WIB
EditorReza Wahyudi
Dell mengembangkan teknologi untuk membaca suasana hati untuk kantor dan bermain.

Kepala divisi penelitian dan pengembangan Dell mengatakan perusahaan bisa merilis aplikasi pembaca suasana hati tersebut paling cepat 2017.

Jai Menon mengatakan kepada BBC bahwa bagian penelitian Dell sedang bekerja membuat perangkat lunak untuk kepala yang membaca aktivitas otak secara akurat dan akan mengidentifikasi keadaan emosional pemakainya.

Dia menambahkan bahwa ia percaya teknologi tersebut memiliki kegunaan baik di kantor maupun di rumah.

Namun beberapa pengamat skeptis tentang proyek tersebut.

"Saya pikir potensi untuk hal-hal ini adalah astronomi, tapi kami sudah diberitahu teknologi ini akan selesai lima tahun lagi selama beberapa dekade," kata Dr Bernie Hogan, seorang ahli interaksi manusia-komputer dari Universitas Oxford.

Mengatasi gangguan

Di lain pihak, Menon lebih optimistis.

Dia mengatakan tim yang terdiri dari dua peneliti dan bekerja untuk membuat perangkat baru tersebut dengan NeuroSky dan beberapa produsen lain - yang akan dihargai antara £ 60 sampai £ 120 (Rp118.000 - 236.000,-) untuk melihat apakah dapat digunakan untuk memberikan indikasi yang tepat bila pemakainya merasa senang, sedih, bosan atau frustrasi.

"Jika saya bisa merasa pengguna bekerja keras pada suatu tugas, sebuah sistem komputer intuitif mungkin akan mengurangi gangguan, seperti memungkinkan panggilan telepon masuk langsung ke voicemail dan tidak membiarkan pengguna terganggu," saran Menon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.