Apple dan Samsung Sepakat Damai di Luar AS

Kompas.com - 06/08/2014, 14:04 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua raksasa smartphone, Apple dan Samsung yang selama ini terus bersengketa, akhirnya memutuskan untuk berdamai. Namun, syarat damai tersebut hanya berlaku di luar Amerika Serikat.

Apple dan Samsung yang selama ini saling melayangkan tuntutan atas hak paten, pada Selasa (5/8/2014) diberitakan situs Bloomberg mengeluaran pernyataan bersama untuk membatalkan tuntutan mereka di negara-negara selain Amerika Serikat.

"Apple dan Samsung sama-sama setuju untuk membatalkan semua proses hukum antar-kedua perusahaan di luar AS," demikian ujar Apple dalam sebuah pernyataan.

"Persetujuan ini tidak termasuk hal persetujuan lisensi, perusahaan tetap melanjutkan kasus yang sedang berjalan di AS," imbuh mereka.

Dengan demikian, proses hukum antar-keduanya yang berlangsung di Australia, Jepang, Korea Selatan, Jerman, Belanda, Inggris, Perancis, dan Italia akan dihentikan. Sementara tuntutan yang berlangsung di pengadilan Amerika Serikat tetap dilanjutkan.

Saat ini, Apple mengajukan tuntutan bahwa Samsung telah meniru desain iPhone milik mereka. Sementara, Samsung menuduh Apple telah menggunakan bagian dari teknologi transmisi nirkabelnya tanpa izin.

Kasus keduanya belum mendapatkan keputusan final dari pengadilan, sementara hakim yang menangani kasus tersebut telah berkali-kali menyarankan agar keduanya menyelsaikan masalah tersebut secara damai, di luar pengadilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.