Kompas.com - 06/08/2014, 17:07 WIB
Game Android Play StoreGame Android "Bomb Gaza".
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah game yang mensimulasikan serangan Israel di Jalur Gaza dan mengajak pemain untuk "menjatuhkan bom dan menghindari membunuh warga sipil" telah ditarik dari toko aplikasi Android, demikian kata juru bicara perusahaan, Senin (4/8/2014).

Game "Bomb Gaza" dikembangkan oleh PlayFTW mensimulasikan konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan grup Islam Hamas, yang mendominasi wilayah Palestina. Pemain menjatuhkan bom dari jet tempur ketika menghindari rudal dari pejuang Hamas dalam masker hitam dan hijau.

"Kami menghapus aplikasi tersebut dari Google Play yang melanggar kebijakan kami," kata juru bicara Google, mengkonfirmasi bahwa game tersebut telah dihapus dari Google Play Store. Google tidak menyebutkan kebijakan game mana yang telah dilanggar.

Google Play memiliki aturan yang melarang konten yang berisikan kebencian, intimidasi, dan kekerasan dan memungkinkan pengguna untuk menilai konten kasar tersebut.

Game tersebut mengundang komentar yang ditulis dalam halaman review Google Play Store dan juga Facebook. Game Android ini telah diunduh sekitar 1.000 kali sejak peluncurannya 29 Juli, menurut koran Britain's Guardian seperti dikutip Reuters.

"Ini memuakkan," tulis Saj Ishaq dalam halaman Facebook PlayFTW.

Facebook tidak secara langsung merespon permintaan dalam komentar - komentar tersebut dan PlayFTW tidak secara langsung menyampaikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tolong hapus game ini dari Play store. Game ini tidak sopan dan saya sangat kecewa bahwa Google membiarkan hal ini. Jika game ini tidak dihapus, saya akan memboikot Google," kata Oma Al, dalam halaman review game tersebut, seperti yang dikutip Guardian.

Pada 8 Juli, Israel meluncurkan serangan ke Gaza, merespon serangan roket Hamas. Gaza secara resmi mengatakan lebih dari 1.831 orang Palestina, kebanyakan dari mereka warga sipil, telah terbunuh dan sekitar 3.000 rumah di Palestina telah hancur atau rusak sejak pertempuran tersebut dimulai.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.