Ini Profil Kandidat Menkominfo Versi Jokowi Center

Kompas.com - 07/08/2014, 10:45 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di kabinet yang akan dibentuk oleh Presiden Terpilih 2014-2019, Joko Widodo menjadi salah satu jabatan yang menjadi perhatian khalayak ramai. Terlebih bagi mereka para penggiat dan pemerhati perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tanah Air.

Selain itu, pengguna internet di Indonesia pun menaruh harapan yang besar kepada sosok Menkominfo yang baru nanti di Kabinet Jokowi. Aspirasi mereka banyak dijumpai di dunia maya melalui akun jejaring sosial. Kebanyakan mendambakan koneksi internet yang cepat dan merata.

Tim relawan Joko Widodo melalui situs web Jokowi Center juga telah membuat polling Menteri Kabinet Usulan Rakyat, termasuk di dalamnya adalah jabatan Menkominfo. Untuk jabatan itu, tim Jokowi Center memunculkan tiga kandidat yang dianggap layak menempati posisi tersebut, ketiganya adalah Ferry Mursyidan Baldan, Nezar Patria, dan Onno W. Purbo.

Sebagian dari nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi di telinga penggiat dan pemerhati TIK Tanah Air, namun ada juga yang belum tahu siapa sebenarnya ketiga kandidat tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang siapa ketiga kandidat Menkominfo dalam Kabinet Usulan Rakyat itu, KompasTekno menampilkan profil singkat ketiganya.

Ferry Mursyidan Baldan

Ferry saat ini adalah anggota Komisi II DPR RI periode 2004-2009. Pria kelahiran Jakarta, 16 Juni 1961 ini adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1988.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha Ferry Mursyidan Baldan

Semasa mudanya, Ferry aktif dalam berbagai kegiatan organisasi, seperti Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI). Ferry pun pernah menjadi Ketua Umum PB HMI periode 1990-1992.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semenjak itu, karir politik Ferry terus meningkat setelah bergabung dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan menjadi anggota MPR RI periode 1992-1997 mewakili organisasi pemuda/mahasiswa.

Selama karirnya di DPR, Ferry pernah menjadi anggota, Wakil Ketua Komisi II, dan Ketua Komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agraria.

Dalam halaman Wikipedia, Ferry disebut pernah terlibat penyusunan UU yang dinilai banyak pengamat sebagai landasan menuju Indonesia yang demokratis, yakni UU No 22/1999 tentang Otonomi Daerah, UU No 25/1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, dan Pansus tiga UU Bidang Politik, khususnya UU Parpol dengan Ferry sebagai Ketua Pansus-nya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.