Kompas.com - 07/08/2014, 11:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan peta planet Mars di Google Maps

KOMPAS.com - Ingin mengunjungi planet Mars? Niat yang kedengaran sulit terwujud itu kini bisa dilakukan dengan mudah, setidaknya secara "virtual" melalui layanan peta Google Maps.

Rabu (6/8/2014) kemarin, untuk merayakan tahun kedua pendaratan robot penjelajah Curiosity di Mars, Google mengumumkan ketersediaan gambar peta planet merah tersebut lewat sebuah posting Google + yang dikutip oleh Tech Crunch.

Bentuknya berupa tampilan planet utuh dilihat dari angkasa yang bisa di putar-putar dan tampilan zoom lebih dekat untuk mengamati kontur-kontur daratan Mars, berikut nama-nama "daerah" yang sudah dipetakan.

Memang tidak terlalu mendetail seperti pemetaan Google Maps di Bumi, namun cukup untuk memberi gambaran secara garis besar mengenai rupa planet itu.

Selain Mars, Google turut menyediakan peta bulan.

Cara "mengunjungi" Mars atau bulan mudah saja, cukup dengan membuka Google Maps lewat browser desktop, lalu mengaktifkan "Earth View" lewat icon di pojok kiri bawah layar.

Begitu tampilan 3D Bumi sudah muncul, lakukan zoom out sejauh mungkin, kemudian tekan tombol "Explore" di pojok kanan bawah layar. Menu yang muncul di bagian bawah akan menampilkan pilihan tiga obyek angkasa, yaitu Bumi, Bulan, dan Mars. Tinggal pilih mana yang dikehendaki untuk mulai menjelajah.

Google turut merilis sebuah video yang mempromosikan tambahan bulan dan Mars ke layanan maps, sebagaimana bisa dilihat di bawah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.