Samsung Masih Sewa Pabrik yang Pekerjakan Anak-anak

Kompas.com - 07/08/2014, 13:56 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Juli lalu, Samsung membekukan sementara kerjasama dengan salah satu pabrik pemasok komponen produk-produknya, Dongguan Shinyang Electronics yang kedapatan mempekerjakan lima anak di bawah umur.

Namun, hari Selasa (5/8/2014) lalu, Samsung mengumumkan bakal membuka kembali kerjasama bisnis dengan pabrik asal Tiongkok tersebut.

Ini karena otoritas Tiongkok menemukan bahwa Dongguan tidak menyewa para pekerja di bawah umur secara langsung, melainkan lewat sebuah subkontraktor.

"Karena otoritas Tiongkok menyimpulkan bahwa Dongguan Shinyang tidak menyewa pekerja di bawah umur, Samsung akan kembali bekerjasama," tulis Samsung dalam e-mail yang dikutip oleh Reuters.

Meski demikian, Samsung menerapkan semacam "sanksi" bagi Dongguan, berupa pengurangan volume order sebanyak 30 persen dibandingkan tahun lalu.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini sedang berupaya meningkatkan kondisi pekerja di pabrik-pabrik para pemasoknya di Tiongkok.

Samsung sebelumnya sudah pernah mengaudit Dongguan Shinyang pada 25 Juni dan tidak menemukan pekerja anak. Namun, China Labor Watch menemukan dua pekerja berusia 14 tahun dan tiga orang berusia 15 tahun dalam investigasi yang dilakukan diam-diam.

Kelima pekerja belia itu sekarang telah meninggalkan pabrik. Pekerja di bawah umur memang kerap ditemukan di pabrik-pabrik di Tiongkok, meski sebenarnya ilegal. Banyak dari mereka yang datang ke pabrik sebagai bagian dari program "magang" yang diorganisasikan oleh pihak sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.