Kompas.com - 08/08/2014, 11:11 WIB
Salah satu desain Google Glass Titanium GoogleSalah satu desain Google Glass Titanium
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Salah satu desain Google Glass Titanium

KOMPAS.com - NASA rupanya tertarik menggunakan Google Glass untuk astronot yang menjalankan misi di luar angkasa. Lembaga antariksa AS itu pun minggu lalu menjalankan serangkaian uji coba di bawah laut di lepas pantai Florida, Amerika Serikat.

Program uji bernama NASA Extreme Environment Mission Operations (NEEMO) tersebut antara lain mensimulasikan kondisi di ruang angkasa yang mirip dengan keadaan di dasar laut, berikut skenario pengeboran asteroid oleh para astronot.

Sebagaimana dilaporkan oleh NBC News, para penguji menggunakan laboratorium bawah laut untuk mengamati percobaan.

Google Glass rencananya bakal dipakai untuk memberitahukan astronot soal langkah berikut yang harus dilakukan dalam misi antariksa.

NASA
Ilmuwan NASA menguji Google Glass di bawah laut

Lalu, apa hasil temuan eksperimen tersebut?

Dalam laporannya, NASA berkesimpulan bahwa Google Glass merupakan alat yang berguna sebagai sarana pengambilan data, semisal untuk merekam foto atau video.

Namun, kacamata pintar ini dinilai "kurang optimal" untuk menjalankan tugas-tugas dalam prosedur misi luar angkasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

NASA juga mencatat bahwa perangkat itu masih memiliki beberapa kendala seperti masalah daya tahan baterai, tampilan layar, dan kesulitan scrolling teks yang harus diatasi agar bisa digunakan dalam misi.

Pengujian lebih lanjut kemungkinan bakal dilakukan pada misi NEEMO berikutnya, yang dijadwalkan untuk September mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber NBCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.