Kompas.com - 08/08/2014, 11:39 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengguna smartphone yang kerap meminjamkan perangkatnya ke anak mungkin pernah mengalami masalah akibat perbuatan yang dilakukan si anak.

Persoalan itu bisa dihindari dengan membikin akun khusus anak lewat fungsi multi-user account, seperti pada tablet Android mulai OS versi 4.2.

Fitur tersebut selama ini belum terdapat pada smartphone Android, namun kabarnya bakal ditambahkan pada sistem operasi berikutnya, Android L.

Seorang developer Google menyebutkan bahwa public build Android versi berikutnya akan menerapkan kapabilitas "multi-user". OS "Public Build" di sini, menurut laporan yang dilansir Android Police, tak lain mengacu pada Android L.

Mirip dengan implementasinya di komputer desktop, dengan membikin akun terpisah pada ponsel, pemilik bisa membatasi akses pada akun tertentu, misalnya hanya dibolehkan membuka aplikasi-aplikasi yang cocok untuk anak.

Multi-user account juga bisa dipakai untuk memisahkan antara penggunaan smartphone untuk urusan profesional di kantor (berkaitan dengan pekerjaan) dan keperliuan pribadi.

Sang developer Google mengatakan bahwa fitur tersebut belum bisa diterapkan sebelumnya karena Google masih memikirkan bagaimana cara memisah panggilan telepon dan SMS pada akun-akun yang berbeda. Terlebih lagi, smartphone umumnya bersifat lebih personal dibandingkan tablet.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin membesarnya layar smartphone, perbedaan skenario penggunaan antara dua jenis perangkat itu menipis. Google pun agaknya telah menemukan cara yang tepat untuk mengimplementasikan multi-user account pada ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.