Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android L Aman Dipinjam Anak dan Teman

Kompas.com - 08/08/2014, 11:39 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna smartphone yang kerap meminjamkan perangkatnya ke anak mungkin pernah mengalami masalah akibat perbuatan yang dilakukan si anak.

Persoalan itu bisa dihindari dengan membikin akun khusus anak lewat fungsi multi-user account, seperti pada tablet Android mulai OS versi 4.2.

Fitur tersebut selama ini belum terdapat pada smartphone Android, namun kabarnya bakal ditambahkan pada sistem operasi berikutnya, Android L.

Seorang developer Google menyebutkan bahwa public build Android versi berikutnya akan menerapkan kapabilitas "multi-user". OS "Public Build" di sini, menurut laporan yang dilansir Android Police, tak lain mengacu pada Android L.

Mirip dengan implementasinya di komputer desktop, dengan membikin akun terpisah pada ponsel, pemilik bisa membatasi akses pada akun tertentu, misalnya hanya dibolehkan membuka aplikasi-aplikasi yang cocok untuk anak.

Multi-user account juga bisa dipakai untuk memisahkan antara penggunaan smartphone untuk urusan profesional di kantor (berkaitan dengan pekerjaan) dan keperliuan pribadi.

Sang developer Google mengatakan bahwa fitur tersebut belum bisa diterapkan sebelumnya karena Google masih memikirkan bagaimana cara memisah panggilan telepon dan SMS pada akun-akun yang berbeda. Terlebih lagi, smartphone umumnya bersifat lebih personal dibandingkan tablet.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin membesarnya layar smartphone, perbedaan skenario penggunaan antara dua jenis perangkat itu menipis. Google pun agaknya telah menemukan cara yang tepat untuk mengimplementasikan multi-user account pada ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com