Redam "Sakit Hati", Microsoft Bagi-bagi Ponsel

Kompas.com - 08/08/2014, 16:05 WIB
Lumia 630 MicrosoftLumia 630
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft berencana merumahkan sekitar 4.700 orang karyawannya di pabrik dan pusat riset Nokia di Beijing, Tiongkok, hingga menyisakan hanya 300 orang pekerja. Rencana tersebut minggu lalu menuai protes dari para pegawai yang tidak senang dengan rencana itu.

Pihak Microsoft pun berinisiatif membagi-bagikan smartphone Lumia 630 untuk meredam "sakit hati" para karyawan. Hal ini diketahui lewat e-mail internal Microsoft yang dikutip oleh MarketWatch.

Handset tersebut bakal diberikan pada pegawai yang menandatangani surat pengunduran diri secara sukarela.

Sebanyak 300 unit Lumia 630 disiapkan per harinya untuk para pekerja yang mengundurkan diri. Siapa yang datang duluan akan dilayani lebih dulu.

Lumia 630 sendiri di pasaran Tiongkok dibanderol seharga 800 yuan atau sekitar Rp 1,5 juta. Dengan harga tersebut, "kompensasi" yang diberikan Microsoft pada karyawan yang kehilangan pekerjaannya ini pun terkesan kecil.

Pemotongan jumlah karyawan di Tiongkok merupakan bagian dari langkah Microsoft mengurangi tenaga kerja hingga 18.000 orang di seluruh dunia.

Sebanyak 12.500 di antaranya berasal dari divisi perangkat dan layanan Nokia yang diakuisisi Microsoft senilai 7,2 miliar dollar AS pada April lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.