Kompas.com - 10/08/2014, 20:48 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Walau Google telah berencana untuk membuat proyek Android Silver, yang disinyalir menjadi pengganti dari proyek Google Nexus, namun gosip tentang akan beredarnya perangkat Nexus selanjutnya terus santer berhembus.

Kali ini gosip tentang perangkat terbaru Nexus ini datang dari Motorola. Situs Android Police melaporkan bahwa Motorola sedang terlibat dalam proyek membangun smartphone baru yang diberi nama sandi Shamu.

Menurut mereka, Shamu adalah perangkat Nexus 6 yang akan diluncurkan tak lama lagi. "Kami yakin bahwa perangkat Shamu itu benar-benar ada dan sedang aktif dikembangkan," ujar laporan tersebut.

"Proyek itu juga kami yakini menjadi pesaing dari program Nexus, kami hanya kurang yakin dengan spesifikasinya saja, karena perubahan hardware itu banyak terjadi di masa pengembangan" imbuh mereka.

Sumber yang dijadikan sebagai basis analisa Android Police adalah laporan yang dirilis oleh Google Issue Tracker, situs yang memuat laporan-laporan seputar permasalahan sistem Android.

Laporan itu menurut Android Police berasal dari pengembang Spirent Communications, perusahaan yang menguji perangkat sebelum diluncurkan. Spirent juga memiliki katalog di Google Play Store dengan aplikasi-aplikasi pengujian.

Mirip dengan rumor-rumor sebelumnya, Shamu yang digadang-gadang adalah Nexus 6 besutan Motorola ini memiliki ukuran layar 5,6 inci dan menjalankan sistem operasi Android L.

Selain disiapkan untuk dirilis pada November mendatang, belum ada lagi bocoran informasi lebih, apalagi tentang spesifikasinya.

Bagaimanapun, kabar ini masih sebatas rumor. Pada akhirnya kita semua harus menunggu apakah Google akan mengeluarkan pernyataan resmi akan meluncurkan perangkat Nexus dengan Android L atau tidak.

Setidaknya, dengan bocoran dari Motorola ini, kita masih tahu bahwa proyek Nexus ternyata masih hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.