Harga Nokia 130 Tak Sampai Rp 300.000

Kompas.com - 12/08/2014, 09:20 WIB
Nokia 130 MicrosoftNokia 130
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft terkesan ingin keluar dari bisnis ponsel low-end ketika mengakhiri kirpah perangkat Nokia X, Asha, dan S60. Namun pemilik baru Nokia tersebut belakangan membuat kejutan dengan memperkenalkan sebuah ponsel murah meriah baru.

Namanya Nokia 130. Ponsel "basic" berbasis sistem operasi Series 30 yang tidak memiliki koneksi internet ini dibanderol dengan harga relatif murah, yaitu 25 dollar AS atau tak sampai Rp 300 ribu.

Kendati tidak tersambung ke internet, sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Nokia 130 merupakan "ponsel termurah yang dibekali pemutar musik dan video". Nokia 130 memang memiliki player MP3, radio FM, dan bisa melakukan playback video dari kartu memori micro-SD.

Layar warna pada Nokia 130  berukuran 1,8 inci. Ponsel ini diklaim memiliki talk time selama 13 jam serta datang dalam  varian single dan dual SIM.

Nokia 130 diposisikan di antara Nokia 105 dan Nokia 220 yang memiliki kapabilitas akses internet. Pasar yang ditarget Microsoft dengan Nokia 130 adalah para konsumen di negara-negara berkembang.

"Microsoft tak punya proyek lain yang bisa menjangkau para konsumen ini," kata wakil presiden unit ponsel Microsoft, Jo Harlow. Dia turut menjelaskan bahwa Microsoft memiliki komitmen jangka panjang untuk segmen bisnis low-end.

Harlow meyakini bahwa ponsel-ponsel murah bisa menjadi "gerbang" untuk mengenalkan penggunanya ke layanan-layanan Microsoft seperti Bing dan One Drive. "Para konsumen ini akan membuat akun Microsoft dan menjadi bagian dari ekosistem Microsoft," ujar Harlow.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.