Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Nokia 130 Tak Sampai Rp 300.000

Kompas.com - 12/08/2014, 09:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft terkesan ingin keluar dari bisnis ponsel low-end ketika mengakhiri kirpah perangkat Nokia X, Asha, dan S60. Namun pemilik baru Nokia tersebut belakangan membuat kejutan dengan memperkenalkan sebuah ponsel murah meriah baru.

Namanya Nokia 130. Ponsel "basic" berbasis sistem operasi Series 30 yang tidak memiliki koneksi internet ini dibanderol dengan harga relatif murah, yaitu 25 dollar AS atau tak sampai Rp 300 ribu.

Kendati tidak tersambung ke internet, sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Nokia 130 merupakan "ponsel termurah yang dibekali pemutar musik dan video". Nokia 130 memang memiliki player MP3, radio FM, dan bisa melakukan playback video dari kartu memori micro-SD.

Layar warna pada Nokia 130  berukuran 1,8 inci. Ponsel ini diklaim memiliki talk time selama 13 jam serta datang dalam  varian single dan dual SIM.

Nokia 130 diposisikan di antara Nokia 105 dan Nokia 220 yang memiliki kapabilitas akses internet. Pasar yang ditarget Microsoft dengan Nokia 130 adalah para konsumen di negara-negara berkembang.

"Microsoft tak punya proyek lain yang bisa menjangkau para konsumen ini," kata wakil presiden unit ponsel Microsoft, Jo Harlow. Dia turut menjelaskan bahwa Microsoft memiliki komitmen jangka panjang untuk segmen bisnis low-end.

Harlow meyakini bahwa ponsel-ponsel murah bisa menjadi "gerbang" untuk mengenalkan penggunanya ke layanan-layanan Microsoft seperti Bing dan One Drive. "Para konsumen ini akan membuat akun Microsoft dan menjadi bagian dari ekosistem Microsoft," ujar Harlow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com