5 Menit, Ponsel Android Teraman Bisa Dibobol

Kompas.com - 12/08/2014, 14:33 WIB
Blackphone GSMArena.comBlackphone
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Blackphone adalah smartphone berbasis Android Kitkat yang diklaim teraman di dunia oleh pembuatnya, Silent Circle.

Namun, ahli keamanan bernama Justin Case ternyata berhasil "membobol" Blackphone dalam konferensi DefCon yang berlangsung di Las Vegas, AS, akhir minggu lalu.

Case mengatakan bahwa ia hanya membutuhkan waktu lima menit untuk memperoleh akses root pada perangkat itu dan mengaktifkan Android Debugging Bridge (ADB). Dia bahkan tak perlu mambuka bootloader Blackphone.

Meski demikian, pihak Silent Circle mengatakan bahwa hal yang dilakukan oleh Case tidak menunjukan kelemahan keamanan dari produknya.

"Menyalakan ADB bukanlah celah sekuriti karena ini merupakan bagian dari sistem operasi Android," kata CSO Silent Circle yang dikutip oleh PCPro. "Kami mematikan ADB karena merupakan bug aplikasi yang bisa mempengaruhi pengalaman pengguna."

Kebanyakan exploit yang ditemukan oleh Case kini sudah ditambal. Sisanya hanya bisa diakses dengan meminta persetujuan pengguna. Namun, hal ini tak urung menimbulkan kekhawatiran soal keamanan Blackphone.

Silent Circle memang mengedepankan aspek sekuriti pada BlackPhone. Ponsel ini menggunakan Android Kitkat versi custom yang dinamai PrivatOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesifikasi Blackphone mencakup layat 4,7 inci (1280x720), prosesor quad-core 2 GHz, RAM 2 GB, storage 16 GB, dan kamera 8 megapixel dengan flash. Harganya dipatok di kisaran 629 dollar AS dan telah mulai dikapalkan ke pembeli pada Juni lalu. 



Sumber PC Pro
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.