Kompas.com - 12/08/2014, 15:55 WIB
Prosesor Intel dari keluarga Core M dirancang untuk perangkat tipis, seperti reference design yang ditampilkan oleh Intel ini. IntelProsesor Intel dari keluarga Core M dirancang untuk perangkat tipis, seperti reference design yang ditampilkan oleh Intel ini.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Prosesor Intel dari keluarga Core M dirancang untuk perangkat tipis, seperti reference design yang ditampilkan oleh Intel ini.

KOMPAS.com — Hampir semua laptop yang beredar di pasaran saat ini mengandalkan kipas untuk membuang panas dari prosesor ketika sedang bekerja. Pada masa depan, laptop tipis jenis Ultrabook yang memakai prosesor Intel Core M boleh jadi tak akan memerlukan alat pendingin itu lagi.

Hal tersebut dijanjikan oleh Intel, yang pada Senin (11/8/2014) resmi memperkenalkan teknologi manufaktur 14 nanometer (nm) miliknya.

Teknologi ini bakal dipakai untuk memproduksi keluarga prosesor "Broadwell" yang merupakan chip generasi masa depan dari Intel. Broadwell terdiri dari sejumlah varian. Seri prosesor Broadwell yang ditujukan bagi laptop dan tablet bernama Intel Core M.

Teknologi manufaktur 14 nm "menciutkan" ukuran fisik prosesor sambil turut menekan penggunaan daya dan panas yang dihasilkan.

Dibandingkan teknologi 22 nm yang dipakai pada prosesor Intel sebelumnya, penghematan daya yang dihasilkan teknologi 14 nm mencapai 25 persen, sementara kinerja prosesor bisa dipertahankan pada tingkat yang sama.

"Teknologi ini memungkinkan pengalaman kinerja Intel Core di sistem fanless," kata Wakil Presiden Grup Platform Engineering Intel Rani Borkar, yang dikutip oleh PC World.

Selain di laptop tipis, Intel juga berencana melepas Core M untuk digunakan di produk-produk tablet berkinerja tinggi yang sama-sama tak membutuhkan kipas dan bertubuh langsing.

Chief Architect Broadwell Stephan Jourdan menjelaskan bahwa konsumsi daya prosesor Core M versi tablet hanya akan berkisar antara 3 watt dan 5 watt.

Prosesor Intel Core M berikut keluarga chip Broadwell rencananya bakal diluncurkan secara resmi pada konferensi 2014 di Berlin, Jerman, awal September mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.