Kompas.com - 13/08/2014, 13:50 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Produk wearable device tak hanya menjadi dominasi vendor-vendro besar. Perusahaan rintisan pun ikut berinovasi membuat wearable device yang berbeda, salah satunya adalah kacamata pintar buatan startup Jepang, Fun'iki.

Diberi nama Fun'iki Ambient Glasses, kacamata pintar ini memiliki diferensiasi dari Google Glass, yaitu dengan dipasangnya speaker serta lampu LED multi warna.

Speaker yang dimiliki bisa dipakai untuk mendengarkan musik digital. File musik tersebut bisa disimpan di dalam memori internal di gagangnya.

Sementara lampu LED yang dimiliki bisa menunjukkan notifikasi tertentu dengan kedipan dan warna yang berbeda. Notifikasi dengan warna itu akan ditampilkan di lensa kacamata.

Menariknya, pengguna bisa memasangkan kacamata pintar ini dengan perangkat iPhone yang dimiliki. Terdapat aplikasi iOS tersendiri yang bisa diunduh dari Apple App Store.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengatur warna atau suara notifikasi tertentu sesuai dengan keinginannya.

Selain menampilkan notifikasi warna, kacamata pintar ini juga bisa membaca pesan yang masuk dengan fitur text-to-speech yang dimiliki. Dengan demikian, pengguna tak perlu membuka pesan, kacamata pintar ini yang akan membacakan pesan untuk mereka.

Menurut Phone Arena (10/8/2014), saat ini, perusahaan rintisan Jepang tersebut telah mengumpulkan biaya lebih dari 30 ribu Dollar AS, dan perangkat pertama yang diproduksi akan mulai dikirim pada akhir tahun ini.

Lensa yang ingin digunakan dengan kacamata pintar ini juga bisa dipesan sesuai dengan resep dokter mata. Selain itu, terdapat SDK bagi pengembang yang ingin membuat aplikasi dengan Fun'iki.

Fun'iki Ambient Glasses bisa dipesan melalui website resminya, dengan banderol harga sekitar 230 Dollar AS belum termasuk ongkos kirim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.