Telkom Suntik Rp 2,3 Triliun ke Silicon Valley

Kompas.com - 14/08/2014, 12:34 WIB
Ratusan tenaga outsourching PT Telkom Divre VII Makassar mogok kerja, Senin (03/06/2013). KOMPAS.com/Hendra CiptoRatusan tenaga outsourching PT Telkom Divre VII Makassar mogok kerja, Senin (03/06/2013).
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa telekomunikasi Indonesia Telkom menyiapkan dana 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2,3 triliun) untuk berinvestasi di berbagai perusahaan Silicon Valley.

Melalui anak perusahaannya Telkom Metra, Telkom akan bekerja sama dengan sejumlah investor, di antaranya Fenox Venture Capital (Fenox). Sebagai timbal balik, Fenox berkomitmen membantu program inkubator bisnis Telkom dengan mendatangkan mentor-mentor unggul dari Silicon Valley.

Seperti dikemukakan melalui Antara, Direktur Utama Telkom Arief Yahya menyebutkan kerja sama ini untuk memenuhi target kontribusi operasional bisnis internasional yang diharapkan mencapai 10 persen dari total pendapatan di tahun 2015.

Selain itu, Telkom akan mengirimkan beberapa startup terbaik di bawah asuhan Indigo untuk mengikuti Immersion Program di Silicon Valley. Indigo selama ini berjalan di dua pusat inkubator Telkom, Bandung Digital Valley, dan Jogja Digital Valley.

Ini merupakan kali kedua perusahaan telekomunikasi di Asia Tenggara berinvestasi besar-besaran melalui investor global dalam seminggu terakhir.

Sebelumnya operator telekomunikasi terbesar Filipina PLDT juga membeli 10 persen saham Rocket Internet senilai 333 juta Euro (atau 445 juta dollar AS). Rocket Internet, seperti yang kita tahu, memiliki bisnis berbasis online yang menggurita di berbagai kawasan di dunia yang mengantarkan pendirinya memperoleh status billionaire.

Fenox sendiri merupakan VC yang sudah beberapa kali berinvestasi di kawasan Asia Tenggara, terutama saat berpartner dalam bentuk IMJ Fenox. Salah satu portofolio Fenox adalah Joyful Frog Digital Incubator (JFDI) sebagai akselerator startup terkemuka yang berbasis di Singapura.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disclosure: Artikel ini sebelumnya telah dimuat di situs teknologi DailySocial.net. DailySocial.net merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.