AirAsia Uji Internet WiFi, Penumpang Indonesia Kebagian

Kompas.com - 14/08/2014, 13:32 WIB
Uji coba layanan Wi-Fi onboard di armada Malaysia AirAsia, Rabu (13/8/2014). Layanan ini akan tersedia di seluruh penerbangan Malaysia AirAsia (AK) di akhir tahun, termasuk penerbangan ke kota-kota di Indonesia. Twitter @AirAsiaUji coba layanan Wi-Fi onboard di armada Malaysia AirAsia, Rabu (13/8/2014). Layanan ini akan tersedia di seluruh penerbangan Malaysia AirAsia (AK) di akhir tahun, termasuk penerbangan ke kota-kota di Indonesia.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Layanan internet di dalam pesawat sudah mulai banyak ditawarkan di maskapai-maskapai seperti di Amerika Serikat dan Inggris. Baru-baru ini, maskapai AirAsia juga tengah melakukan uji coba layanan serupa di armadanya.

Layanan internet di pesawat yang disebut dengan istilah Wi-Fi onboard ini untuk sementara dalam tahap uji coba dan baru akan tersedia di armada Malaysia AirAsia (kode nomor penerbangan: AK) pada akhir tahun ini.

Sementara untuk Indonesia AirAsia (kode nomor penerbangan: QZ), implementasi Wi-Fi onboard sedang dalam tahap penjajakan.

"Wi-Fi onboard masih dalam tahap uji coba dan rencananya baru diluncurkan di penerbangan AK (Malaysia AirAsia) saja di akhir tahun ini," kata Communication Manager AirAsia Indonesia, Audrey Progastama Petriny, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (14/8/2014).

Setelah melakukan uji coba dan implementasi layanan Wi-Fi onboard di armada Malaysia AirAsia, layanan tersebut secara bertahap rencananya akan dihadirkan di grup AirAsia lainnya.

"Untuk yang di Indonesia (QZ), belum bisa dipastikan kapan layanan ini tersedia," imbuh Audrey.

Walau belum bisa dipastikan kapan Wi-Fi onboard akan tersedia di Indonesia AirAsia, namun penumpang AirAsia tetap bisa menikmati layanan ini, pasalnya Malaysia AirAsia juga melayani rute-rute tujuan di kota-kota besar Indonesia, seperti Medan (Kuala Namu), Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makasar.

Menurut ABN News (13/8/2014), layanan Wi-Fi onbard dalam armada AirAsia sudah dikembangkan sejak lima tahun yang lalu. AirAsia memutuskan untuk menggunakan peralatan Wi-Fi yang dibuat sendiri, karena peralatan dari pihak ketiga dinilai terlalu mahal.

Belum ada kepastian soal skema biaya yang akan dikenakan kepada penumpang jika ingin menikmati layanan internet di udara ini, namun AirAsia berjanji biayanya akan terjangkau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X