Ini, Dua "Zat Haram" di Pabrik Apple

Kompas.com - 15/08/2014, 08:05 WIB
Ilustrasi ZDNetIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi

KOMPAS.com - Apple melarang penggunaan dua bahan kimia, yaitu benzene dan n-hexane, yang biasanya dipakai dalam proses perakitan gadget iPhone dan iPad di pabrik-pabriknya di Tiongkok.

Langkah tersebut diumumkan lima bulan setelah desakan dari China Labor Watch dan Green Amerika yang membuat petisi agar Apple “mengharamkan” dua bahan berbahaya tersebut dari pabrik yang memproduksi gadget besutan Apple.

Benzene adalah bahan karsinogenik yang bisa menyebabkan leukimia apabila tidak ditangani dengan benar, sementara n-hexane sering dikaitkan dengan kasus kerusakan syaraf. Dua senyawa kimia ini kerap dipakai di larutan pembersih mesin dan elektronik.

“Kami melakukan apapun yang terpikir untuk membatasi paparan terhadap bahan kimia dan menanggapi kekhawatiran yang muncul,” kata wakil presiden inisiatif lingkungan Apple, Lisa Jackson, yang dikutip Associated Press.

Investigasi yang dilakukan di 22 pabrik Apple tak menemukan adanya benzene dan n-hexane dalam tingkat yang berbahaya. Dua bahan itu tak ditemukan di 18 pabrik, sementara 4 sisanya terdeteksi memakai, namun masih dalam taraf yang aman.

Kendati demikian, Apple tetap meminta para pemasoknya untuk tidak lagi memakai benzene dan n-hexane dalam proses perakitan akhir iPhone, iPad, iPod, komputer Mac, dan beragam aksesoris.

Kedua bahan kimia tersebut masih boleh dipakai dalam proses produksi awal dari perangkat-perangkat Apple. Benzene dan n-hexane sendiri memang umum dilibatkan pada proses produksi barang elektronik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di luar Benzene dan n-hexane, pabrik-pabrik Apple masih mengunakan banyak bahan berbahaya lain yang bisa mengancam kesehatan pekerja dan lingkungan sekitar. CEO Apple Tim Cook menyatakan keinginan untuk mengurangi penggunaan bahan-bahan itu. “Bukan hanya untuk melindungi pekerja, namun juga kualitas udara dan air,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.