Kompas.com - 15/08/2014, 15:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Varian PlayStation 4 berwarna putih

KOMPAS.com - Konsol game PlayStation 4 (PS4) dari Sony pertama kali masuk ke pasaran pada November tahun lalu. Kini, hanya berselang sepuluh bulan setelahnya, PS4 telah membukukan penjualan sebanyak 10 juta unit.

“Itu merupakan angka 10 juta PS4 yang terjual ke konsumen,” ujar CEO dan Presiden Sony Computer Entertainment Europe, Jim Ryan, yang dikutip oleh ArsTechnica.

Sebagai perbandingan, konsol game Sony sebelumnya, PlayStation 3, membutuhkan waktu lebih dari 13 bulan untuk mencapai angka penjualan 10,5 juta init.

Angka tersebut kembali mendudukkan PS4 di depan rival beratnya, Xbox One dari Microsoft, yang terakhir mencatat angka pengkapalan sebanyak 5 juta unit pada April lalu. Saat itu, Sony sudah berhasil menjual sebanyak 7 juta unit PS4.

PS4 dan Xbox One memang menandai era baru konsol game next-gen. Keduanya meluncur ke pasar dalam waktu berbarengan menjelang akhir 2013. PS4 selalu mencatat penjualan lebih baik.

Salah satu faktor yang menjadi daya tarik PS4 adalah harganya yang dipatok lebih murah sebesar 100 dollar AS dibanding Xbox One sehingga memaksa Microsoft untuk memangkas harga jual konsol game miliknya pada pertengahan tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.