Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2014, 16:19 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hingga kuartal kedua tahun 2014, penjualan ponsel pintar di seluruh dunia mencatatkan rekor pencapaian yang baru.

Untuk pertama kalinya, jumlah smartphone yang terjual melampaui angka 300 juta unit di seluruh dunia, lebih tepatnya 301,3 juta.

Data yang dirilis oleh IDC pada Kamis (14/8/2014) itu menyatakan, jumlah tersebut naik 25,3 persen dibanding jumlah penjualan total di periode yang sama tahun lalu, yaitu sebesar 240,5 juta unit.

Tak ada yang  berubah, pasar smartphone dunia masih dikuasai oleh perangkat berbasis Android dan iOS yang keduanya jka dikombinasikan memiliki raihan pangsa pasar 96,4 persen.

Dari jumlah tersebut, Android masih mendominasi dengan total raihan pangsa pasar 84,7 persen. Jumlah penjualannya sendiri meningkat 33,3 persen dibanding tahun lalu, dari 191,5 juta unit menjadi 255,3 juta unit.

"Dengan banyaknya OEM yang menjual perangkat di bawah 200 dollar AS, Android mencapai kepopulerannya di pasar negara berkembang," ujar Ramon Llamas, Research Manager IDC.

Sementara iOS, walau jumlah penjualannya meningkat dari 31,2 juta unit tahun lalu menjadi 35,2 juta unit di tahun ini, namun pangsa pasarnya turun dari 13 persen menjadi 11,7 persen.

Windows Phone dan BlackBerry mengekor di belakang keduanya dengan masing-masing raihan pangsa pasar 2,5 persen dan 0,5 persen. Pangsa pasar keduanya turun dari masing-masing 3,4 persen dan 2,8 persen di tahun lalu.

Yang menarik, Windows Phone yang telah diperkenalkan sejak 2010 lalu hingga kini belum mampu menembus pangsa pasar 5 persen. Penjualannya pun sedikit menurun dari 8,2 juta unit tahun lalu menjadi 7,4 juta unit tahun ini.

Hal yang sama juga terjadi pada BlackBerry. Di kuartal kedua 2013 lalu penjualan BlackBerry di seluruh dunia mencapai 6,7 juta unit. Namun di kuartal dua 2014 ini, jumlahnya turun menjadi hanya 1,5 juta unit saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber IDC
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.