Telkomsel dan ITB Segera Uji Coba "Smart City" di 4 Kota

Kompas.com - 16/08/2014, 17:23 WIB
LAPI ITB telah mengembangkan platform smart city. ITBLAPI ITB telah mengembangkan platform smart city.
EditorTri Wahono

BANDUNG, KOMPAS.com
 - Lembaga Afiliasi dan Penelitian Industri Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB) mendatangani kerja sama Program Kerja Sama Inisiasi Pengembangan Kota Cergas (Smart City) di Bandung, Sabtu (16/8/2014).

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari Momorandum of Understanding antara ITB dan Telkomsel tahun 2013 pada saat e-Indonesia Inititiatives Forum ke 9. Program ini merupakan salah satu bagian program Smart City Initiatives Indonesia. 

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Direktur Jaringan Telkomsel Abdus Somat Arief menyatakan bahwa kerja sama ini adalah baru bagian kecil dari pembangunan smart city. Diharapkan Telkomsel akan bisa mengajak instansi lain atau perusahaan lain terlibat dalam pengembangan smart city secara lebih lengkap, baik perangkat keras hingga perangkat pendukung.

Lewat program kerjasama tersebut, akan dipilih 4 kota untuk menjadi lokasi inisiasi pembangunan smart city selama 3 tahun. Akan dipilih kota yang mempunyai visi dan misi membangun kota cergas suatu kota yang cerdas dan gegas untuk mendorong pencapaian pembangunannya. 

Beberapa kota akan diundang untuk membuat proposal rencana pembangunan kota, kemudian akan dilakukan survei, kemudian akan dibantu dengan pengembangan platform dasar pengembangan smart city

Telkomsel sangat aktif dalam membangun infratsruktur digital untuk solusi jaringan dan layanan bergerak. Sementara ITB telah aktif dalam melakukan penelitian dan pengembangan terkait smart city. ITB telah mengembangkan smart system platform sebagai dasar atau otak utama dalam pengembangan dan pembanunan smart city yang menyangkut ruang operasi (operation room), sistem sensing, hingga pengelolaan pengetahuan (understanding management). 

Dalam smart city platform ini juga dikembangkan beberapa sektor pendukungnya di antaranya adalah transportasi, kesehatan, pembayaran, energi, parking, perumahan, pendidikan hingga komersial. Tidak lepas juga masalah sumber daya manusia yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang selama ini dibangun melalui C-generation.

Program ini berawal dari salah satu rekomendasi dari Forum e-Indonesia Initiatives yang sudah digelar sejak 2005. Tahun ini, forum tersebut mengambil tema smart system platform for the nation sekaligus akan dimulaianya Indonesia Smart City Initiatives.

Guru Besar ITB, Prof Suhono Harso Supangkat yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB mengatakan bahwa sudah ada beberapa industri dan lembaga yang bekerja sama dengan ITB baik dalam negeri maupun luar negeri yang tertarik untuk ikut pengembangan smart city inititaives lebih lanjut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X