Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membasmi Laron di Hari Kemerdekaan!

Kompas.com - 17/08/2014, 09:12 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS - Masyarakat Indonesia mengenal laron sebagai binatang bersayap yang datang mengerubungi rumah begitu hujan tiba. Salah satu hal yang membuat geli karena jumlah yang luar biasa dan mereka mengelilingi sumber cahaya.

Sebetulnya, laron adalah salah satu tahap perkembangan dari rayap, organisme yang bisa menimbulkan gangguan pada rumah, terlebih pada perabot kayu. Yang membuat laron unik karena mereka memiliki sayap.

Binatang tersebut menjadi inspirasi bagi Gambreng Games, studio pengembang permainan yang bermarkas di Karawaci, Tangerang, dan menghasilkan permainan berjudul "Laron" dan tersedia untuk diunduh secara gratis di Play Store mulai hari Minggu atau bertepatan dengan peringatan ke-69 dari hari Kemerdekaan RI.

Dodick Zulaimi Sudirman, Creative Director Gambreng Games, menyebut permainan mereka dengan genre endless tapping defense karena tujuan permainan adalah menjaga agar bohlam lampu yang terletak di bagian atas layar tidak dikerubungi laron.

Caranya dengan menyentuh mereka agar mati. Permainan dibagi dalam beberapa babak dengan tingkat kesulitan yang terus bertambah.

Bagi penggemar gaya grafis pixel art, permainan ini membawa kabar gembira karena Laron mengusung gaya tersebut ditambah dengan pendekatan warna yang minimalis. Sepanjang permainan, warna hitam dan putih yang bakal mendominasi layar. Sesekali memang terlihat warna lain tapi itu tidak pernah dominan.

"Gaya visual tersebut dipilih untuk membawa suasana di dunia nyata yang gelap seperti saat Laron keluar," ujar Dodick.

Kompas/Didit Putra Erlangga Raharjo
Screenshot game Laron
Menantang

Saat menjajal game ini, beberapa hari menjelang peluncuran, bisa disimpulkan bahwa Laron cukup menantang kepiawaian dan akurasi jari untuk mematikan para serangga ini agar tidak menyentuh bohlam.

Bila kita meloloskan seekor laron, daerah yang terpapar sinar bohlam akan menyusut dan terus demikian bila laron-laron lain menyusul.

Pada tingkat pertama, laron-laron tersebut mudah diatasi karena gerakan mereka pelan dan bergerak dalam garis lurus. Namun begitu memasuki tingkat lanjutan, mereka kian cepat dan sebagian mulai bergerak dalam pola tertentu sehingga jari kita kerap meleset.

Jari yang tidak mengenai sasaran tentunya sungguh disayangkan karena kita bisa membangun combo dengan membunuh laron secara berturut-turut. Combo tersebut memudahkan kita untuk mengisi bilah "power up" yang bisa dipakai untuk membantu menghalau para laron.

Beberapa contohnya seperti kunang-kunang yang akan mengalihkan perhatian laron dari bohlam. Ada pula laba-laba atau cicak yang akan menangkap sebagian dari laron, sampai obat serangga.

Permainan ini untuk sementara terlihat bebas dari transaksi atau IAP. Pemain bisa meningkatkan kekuatan dari power up berdasarkan mata uang khusus yang didapatkan dengan pencapaian-pencapaian sepanjang permainan.

Bagi anda yang ingin mengisi peringatan hari kemerdekaan dengan berbeda, tidak ada salahnya mencari permainan ini di Play Store pada tanggal 17 Agustus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com