Domain "Apapun.id" Sudah Bisa Dibeli Bebas

Kompas.com - 17/08/2014, 12:42 WIB
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Aditya Panji/Kompas.comPengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi)
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Bertepatan dengan perayaan HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini, Minggu (17/8/2014), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) secara resmi meluncurkan Domain Tingkat Tinggi (DTT) .id.

Selama ini, domain .id hanya bisa digunakan sebagai Domain Tingkat Dua (DTD) saja, seperti .co.id, .ac.id, .web.id, dan sebagainya. Kini, mulai 17 Agustus 2014, publik sudah bisa menggunakan langsung domain .id tanpa harus memberikan ekstensi di depannya.

"Ini adalah hadiah kami untuk ulang tahun Republik Indonesia yang ke-69," ujar Ketua Umum Pandi, Andi Budimansyah saat dijumpai di acara peresmian domain .id di Jakarta (1/8/2014).

Dengan diluncurkannya domain .id sebagai DTT, maka domain apapun.id sudah dapat didaftarkan pada semua registrar Pandi dan para reseller-nya.

Pandi sendiri hingga saat ini telah memiliki 12 registrar yang siap menerima pendaftaran domain .ID.

"Saat ini (domain .id) sudah masuk tahap general availability dan dapat didaftarkan dengan prinsip pendaftar pertama, atau first come first served," terang Andi.

"Kami berharap dengan diresmikannya domain apapun.id ini dapat meningkatkan penggunaan nama domain .id di Indonesia," imbuhnya.

Adapun biaya penggunaan domain apapun.id yang dipatok Pandi adalah Rp 500 ribu per tahun.

Selain menyediakan domain apapun.id, Pandi juga tetap menyediakan beragam nama Domain Tingkat Dua (DTD) yang biaya tahunannya tergolong lebih murah.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X