Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih dan Awasi Menteri lewat "KawalMenteri.org"

Kompas.com - 18/08/2014, 09:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Satu lagi website independen yang diluncurkan oleh para penggiat cyber untuk mengawasi jalannya pemerintahan, yaitu "KawalMenteri".

KawalMenteri yang memiliki alamat www.kawalmenteri.org tersebut merupakan website yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk aktif mengusulkan dan menilai para calon menteri yang terbaik.

Koordinator Tim Materi KawalMenteri Diding Sakri menyatakan, semua relawan yang terlibat dipastikan tidak memiliki afiliasi politik terhadap partai mana pun.

"Mereka concern terlibat sebagai moderator untuk memfasilitasi suara publik demi kabinet yang lebih baik," ujarnya.

Dalam siaran pers yang diterima oleh KompasTekno, Minggu (17/8/2014), koordinator KawalMenteri, Zaid P Nasution, mengatakan, platform tersebut diperlukan untuk memfasilitasi arus baru demokrasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel di Indonesia.

Selain itu, menurut Zaid, KawalMenteri.org juga memungkinkan untuk penyampaian pendapat secara langsung dan penilaian publik terhadap para menteri yang akan duduk di kabinet baru.

Selain halaman web KawalMenteri.org, terdapat pula akun jejaring sosial Twitter (@KawalMenteri) dan Facebook (facebook.com/KawalMenteri).

Masyarakat bisa menyampaikan pendapatnya tentang siapa-siapa yang pantas menduduki jabatan suatu menteri beserta alasannya melalui kedua jejaring sosial tersebut.

Tak hanya untuk memilih para menteri, situs KawalMenteri.org, menurut Zaid, juga akan digunakan untuk mengawal dan memberikan penilaian terhadap kinerja para menteri yang telah terpilih nantinya.

"Ada tiga tujuan KawalMenteri, yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang," ujar Zaid.

"Untuk jangka panjangnya, kami berharap KawalMenteri menjadi media alternatif untuk memfasilitasi proses demokrasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel dalam tata kelola pemerintahan dan negara," imbuh Zaid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com