Kompas.com - 19/08/2014, 13:14 WIB
BioSport In-Ear Headphones Intel/SMS AudioBioSport In-Ear Headphones
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
BioSport In-Ear Headphones

KOMPAS.com - Gadget yang dikenakan di tubuh alias wearable device tak mesti berbentuk jam tangan atau kacamata. Bisa pula berupa “earphone pintar”.

Perangkat itulah yang bakal dibuat oleh Intel yang baru-baru ini ikut terjun ke ranah wearable. Minggu lalu, raksasa chip tersebut mengumumkan kerjasama dengan SMS Audio, perusahaan headphone milik rapper Curtis “50 Cent” Jackson.

Kolaborasi kedua pihak dimaksudkan untuk membikin sebuah produk audio bernama BioSport In-Ear Headphones.

Alat untuk mendengar musik ini tak hanya bisa mengalunkan lagu ke telinga pengguna, melainkan juga memonitor denyut nadi pemakainya ketika berolahraga. Data denyut nadi itu kemudian diteruskan ke aplikasi pendamping di smartphone.

Dengan demikian, pengguna BioSport In-Ear dapat membantu pemakainya mengawasi denyut nadi tanpa harus memakai monitor di pergelangan tangan atau dada.

“Kami akan menghadirkan headphone yang menghilangkan ketidaknyamanan akibat perangkat tambahan dengan aksesori fitness yang terintegrasi,” kata General Manager New Devices Group Intel, Michael Bell, yang dikutip oleh The Guardian.

Bell menyatakan optimis dengan langkah perusahaannya memasuki segmen wearable device melalui perangkat ini. “Kami percaya teknologi wearable akan menjadi segmen yang besar,” tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangkat penunjang kesehatan sendiri telah menjadi tren di dunia wearable device. Produsen-produsen besar seperti Samsung, misalnya, menelurkan produk jam tangan pintar yang bisa mencatat jumlah waktu tidur dan langkah kaki pengguna.

Sebelumnya, pada pameran CES 2014 awal tahun ini, pabrikan Korea Selatan, LG telah lebih dulu memperkenalkan unit headset yang dilengkapi monitor denyut nadi.

BioSport In-Ear rencananya akan mulai tersedia pada kuartal keempat 2014, namun harganya belum diumumkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.