Kompas.com - 21/08/2014, 08:13 WIB
Tampilan Google Street View di Jakarta. Google.Tampilan Google Street View di Jakarta.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan pemetaan Google Street View sudah tersedia untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Layanan yang menyediakan pemandangan virtual 360 derajat di suatu daerah itu, menurut pantauan KompasTekno, sudah bisa diakses mulai pagi ini, Kamis (21/8/2014).

Sejumlah wilayah populer di DKI Jakarta kini bisa dinikmati melalui Street View, seperti Museum Fatahillah, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Senayan, dan sebagainya.

Tak hanya obyek-obyek tersebut, jalan-jalan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi sudah bisa dijelajahi melalui layanan Google Street View di PC dan smartphone.

Rencananya, Google akan memperkenalkan layanan tersebut secara resmi hari ini, Kamis (21/8), dalam sebuah acara di Jakarta.

Update: Tak hanya wilayah Jabodetabek, Google Street View juga merambah tiga kota lain di Indonesia. (Baca: Google Street View Rambah 4 Kota di Indonesia)

Proyek Google Street View sendiri mulai diluncurkan Google semenjak 2007 lalu di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, proyek tersebut baru dimulai sejak Oktober 2012.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Google menggunakan mobil khusus yang dilengkapi dengan kamera yang bisa mengambil gambar 360 derajat untuk melakukan pemetaan di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Dengan Street View, selain menyediakan akses foto panorama suatu lokasi, Google juga menjadikannya model bisnis layanan tersebut yang menyasar pengguna dari kalangan perusahaan.

Untuk mengakses layanan Google Street View, buka dari browser, http://maps.google.com, klik area yang ingin Anda kunjungi dan pilih menu "Street view" yang muncul di bawah area pencarian. Cara lain ialah dengan "menyeret" (drag) icon gambar orang berwarna kuning yang terletak di kanan bawah layar browser ke area yang akan dijelajahi.

Baca juga:
Begini Cara Akses Google Street View Indonesia di PC dan Smartphone
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.