Trik Baca Pesan di Facebook Tanpa Install Messenger

Kompas.com - 22/08/2014, 09:31 WIB
Facebook Messenger mengalami pembaruan pada Kamis (14/11/2013) FacebookFacebook Messenger mengalami pembaruan pada Kamis (14/11/2013)
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pernah menerima pesan masuk di jejaring sosial Facebook namun kita tidak bisa membukanya? Ini karena di perangkat mobile kita tidak terdapat aplikasi Facebook Messenger.

Jika ingin membacanya secara lengkap, pengguna yang menerima pesan harus mengunduh aplikasi Facebook Messenger yang kini disediakan secara terpisah, baik di platform Android maupun di iOS.

Tren membuat aplikasi secara terpisah ini kurang disukai oleh para pengguna.

Namun, bagaimana jika kita tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut namun tetap bisa menerima pesan dari teman Facebook? Ada cara sederhana untuk "mengakali" sistem Android atau iOS jika hal itu terjadi, berikut adalah panduannya.

Begitu mendapatkan pesan yang masuk, pengguna yang smartphone-nya tidak memiliki aplikasi Facebook Messenger akan diminta untuk mengunduh aplikasi tersebut di Play Store.

Phone Arena
Pilih menu Install di iOS atau Get App di Android

Menu yang disajikan oleh iOS atau Android hanya "Install" atau "Get App" Terdapat pula pilihan "Remind Later" yang bisa menunda instalasi Messenger. Namun dengan memilih menu tersebut, kita akan dibawa ke halaman Learn More yang berisi alasan Facebook mengapa kita harus memasangnya.

Pilih saja menu "Install" di iOS atau "Get App" di Android, pengguna akan dibawa ke halaman Facebook Messenger di App Store/Play Store. Klik menu Install di Android atau menu yang serupa di iOS untuk melakukan instalasi.

Phone Arena
Jalankan proses unduhan atau instalasi

Nah, di sinilah trik mulai kita jalankan. Saat Messenger sedang dalam proses mengunduh, segera hentikan dengan menekan tombol silang "X" di Android atau tombol Stop di di iOS.

Dengan demikian, maka perangkat smartphone Android atau iOS seolah "diakali" bahwa sebenarnya apliaksi tersebut telah terpasang.

Phone Arena
Hentikan proses instalasi dengan menekan tombol Stop di iOS atau tanda

Kini kembali ke aplikasi utama Facebook dan Anda sekarang bisa mengakses pesan yang masuk sebagaimana biasanya, tanpa harus memasang aplikasi Messenger.

Namun, jika trik tersebut di atas belum juga ampuh, Anda bisa melakukan trik terakhir yaitu dengan melakukan force closed (Android) atau swipe away (iOS) aplikasi Facebook agar trik di atas manjur.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X