Kompas.com - 22/08/2014, 12:51 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sengketa antara Apple dan Samsung tentang hak paten iPhone pada 2012 lalu hingga kin masih menyisakan cerita.

Apple yang pada saat itu menyewa pengacara untuk membelanya, ternyata juga menuntut untuk membebankan biaya sewa pengacara tersebut kepada pihak tertuntut, Samsung.

Apple menuntut Samsung membayar 15,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 188 miliar untuk mengganti ongkos pengadilan tersebut.

Samsung juga diminta membayar 6,2 juta dollar AS untuk mengganti biaya "lain-lain", sebagian besar merupakan ongkos menyiapkan materi untuk keperluan pengadilan. Ditambahkan dengan permintaan ongkos pengacara, total biaya ekstra yang diminta Apple dari Samsung mencapai 22 juta dollar AS.

Namun, pada Rabu (20/8/2014), diberitakan oleh Electronista, Hakim Pengadilan Distrik Federal AS, Lucy Koh mengambil keputusan menolak tuntutan yang diajukan Apple.

Menurut Lucy, pelanggaran hak paten yang dilakukan Samsung itu sama dengan kasus pelanggaran hak paten lainnya, sehingga Samsung tidak perlu membayar biaya pengacara yang disewa Apple.

Sebelumnya, Samsung memang terbukti bersalah telah meniru beberapa aspek desain milik Apple dan Apple mendapatkan biaya ganti rugi sebesar 120 juta dollar AS yang dibayarkan Samsung pada bulan Mei tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung dan Apple saat ini telah bersepakat untuk tidak meneruskan kasus-kasus sengketa antara keduanya yang terjadi di luar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.