Cardvs, Belanja Online Lewat Rekomendasi Komunitas

Kompas.com - 24/08/2014, 08:24 WIB
Tampilan situs Cardvs Cardvs.comTampilan situs Cardvs
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan situs Cardvs

KOMPAS.com - Aneka toko online yang bertebaran di internet memberikan banyak pilihan barang yang bisa dibeli bagi konsumen, namun di sisi lain sekaligus mempersulit proses pencarian karena produk-produk itu tersebar luas di berbagai situs e-commerce.

Nah, sebuah situs web lokal bernama Cardvs (dibaca “kardus” sesuai lafal Indonesia) mencoba mempermudah hal tersebut dengan cara melakukan agregasi ke satu tempat.

Cardvs turut melibatkan aspek sosial di mana agregasi itu berasal dari rekomendasi pengguna atas barang yang disukai di situs-situs e-commerce. Barang tersebut lantas akan ditampilkan di laman Cardvs, berikut dengan tautan ke toko online yang menjual produk bersangkutan.

Hasilnya adalah kumpulan item dari berbagai sumber online yang dikurasikan oleh komunitas pengguna Cardvs. Barang-barang diorganisasikan ke dalam sejumlah kategori berbeda, mulai dari fashion, gadget, hingga perabotan.

Cardvs.com
Fitur Bookmarklet Cardvs saat digunakan di dalam browser

Semuanya disajikan dalam tampilan “stream” ala Pinterest, lengkap dengan foto dan tautan ke profil pengguna yang memberi rekomendasi. Profil ini dapat diisi dengan koleksi aneka barang yang disukai oleh si pengguna. Rekomendasi pengguna itu bisa juga disalurkan ke berbagai jaringan sosial.

Para pengguna Cardvs bisa saling mengikuti (follow) untuk mendapat update tentang barang-barang yang direkomendasi dari pengguna lain.

Cardvs menyediakan fitur bernama “Bookmarklets” yang bisa dipasang di browser pengguna. Apabila menemukan barang yang disukai ketika sedang menjelajah internet, pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk langsung menyalurkan rekomendasi ke Cardvs tanpa perlu membuka situs Cardvs terlebih dahulu.

Pihak pengelola Cardvs mengundang para pemilik toko online mencoba platform layanan yang ditujukan untuk segmen anak muda ini. Cardvs turut membuka application programming interface (API) yang bisa diperoleh by request lewat laman developer Cardvs.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X